Pengertian, Jenis Koperasi serta Manfaatnya Jika Bergabung

Dalam dunia keuangan, tentu kalian sudah pernah mendengar tentang koperasi. Sebagai salah satu badan usaha, tempat ini diadakan di Indonesia dengan landasan hukum yang sangat kuat. Selain itu keberadaannya juga sudah dikenal sejak lama, bahkan saat Indonesia baru merdeka.

Baca juga : Inilah Alasan Investasi pada Kripto Diminati Orang-Orang

Sejak dahulu, banyak orang mengatakan bahwa mengikuti badan usaha tersebut akan memberi keuntungan yang sangat besar. Bahkan sampai banyak diterapkan pada kehidupan sekolah, universitas, lingkungan dan lain sebagainya. 

Melihat bagaimana keberadaan koperasi yang penting di berbagai lingkungan ini, tentu akan membuat kalian bertanya – tanya apakah badan usaha ini memang sangat penting sampai banyak dipelajari. Bahkan ada materi di sekolah yang membahas tentang badan usaha ini.

Jika Kalian belum pernah memahami tentang badan usaha yang sangat penting ini, perhatikan penjelasan tentang pengertian, jenis – jenis dan manfaatnya.

Pengertian Lembaga atau Badan Koperasi

Pengertian Lembaga atau Badan Koperasi
Pengertian Lembaga atau Badan Koperasi

Ada banyak Lembaga atau badan usaha penting di Indonesia sesuai dengan landasan – landasan hukum. Badan usaha adalah Lembaga yang bergerak di bidang usaha. Tujuannya adalah untuk mendapat keuntungan dari usaha – usaha yang dilakukan.

Sehingga koperasi adalah badan usaha yang terdiri dari anggota – anggota penyimpan modal. Kegiatan yang dilakukan di dalamnya juga sesuai dengan landasan hukum, yaitu melakukan penyimpanan modal, melakukan usaha untuk keuntungan, dan melakukan simpan pinjam.

Landasan hukumnya adalah undang – undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian. Jadi sudah sewajarnya jika perkoperasian di Indonesia selalu dijunjung tinggi. Bahkan ada pelatihan di berbagai Lembaga Pendidikan, sehingga semua orang mengenal badan usaha ini.

Berdasarkan landasan hukum tentang perkoperasian, tentu ada beberapa jenisnya yang harus kalian ketahui. 

8 Jenis Badan Usaha Koperasi

Dalam perkoperasian, tentu Kalian harus memahami apa saja jenis – jenisnya. Ada beberapa jenis berdasarkan tempat usahanya, fungsi dan pengurusnya. Inilah beberapa jenis tersebut.

  1. Konsumsi

Konsumsi merupakan jenis yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya. Semua barang yang dijual di dalamnya memang merupakan kebutuhan para anggota untuk kehidupan sehari – hari. Kemudian keuntungannya adalah harga barangnya sangat murah.

Konsumsi ini memiliki fokus untuk anggota koperasinya saja, sehingga tidak terlalu mementingkan penjualan kepada orang lain selain anggota. Jadi bisa dikatakan jenis ini lebih bersifat internal.

Atau jika konsumsi memiliki tujuan lain untuk mendapat keuntungan dalam usaha, maka harga yang dipasang untuk barang – barang akan lebih mahal jika dijual kepada orang lain selain anggota koperasinya.

  1. Jasa 

Sedangkan koperasi jasa merupakan badan usaha yang memiliki tujuan berbeda dari sebelumnya. Di badan usaha ini tidak ada penjualan barang untuk mendapat keuntungan. Namun memberikan jasa berupa keuangan untuk para anggota yang bergabung di dalamnya.

Sehingga nantinya para anggota bisa mendapatkan kemudahan dalam menyimpan modal dan meminjam ketika membutuhkan. Biasanya jenis ini diadakan di beberapa lembaga sekitar lingkungan kerja, karena jasa keuangan biasanya dibutuhkan oleh para pekerja.

  1. Produksi

Jenis produksi adalah perkoperasian yang memberikan layanan berupa produksi bahan baku. Tujuannya adalah untuk mendapat keuntungan dari produksi bahan baku tersebut. Nantinya akan dijual kepada orang lain.

Selain produksi bahan baku, ada juga produksi barang secara langsung. Kemudian tidak menutup kemungkinan adanya pemasaran secara langsung oleh jenis koperasi ini agar keuntungannya bisa lebih mudah didapatkan oleh para anggota.

  1. Simpan Pinjam

Kemudian simpan pinjam atau lebih sering disingkat dengan KSP, memberikan jasa berupa simpan pinjam. Istilahnya adalah para anggota yang ada di dalamnya bisa menabung uang sesuai dengan kemampuannya masing – masing.

Setelah itu mereka juga bisa meminjamnya dengan jumlah sesuai kebijakan masing – masing koperasinya. Simpan pinjam biasanya ada di banyak Lembaga, terutama lingkungan kerja. Tentu juga ada keuntungan dari melakukan kegiatan simpan pinjam di badan usaha seperti ini.

Keuntungannya adalah biasanya tidak ada bunga untuk melakukan pinjaman, khususnya untuk para anggota. Kemudian ada imbalan untuk penyedia jasa simpan pinjamnya, sehingga semua anggota di dalamnya bekerja untuk dirinya dan mendapat hasil untuk dirinya juga.

  1. Serba Usaha

Serba usaha adalah salah satu jenis koperasi paling lengkap usahanya. Tidak hanya melayani produksi barang atau bahan baku saja, namun juga melakukan penyediaan kebutuhan untuk para anggota, melakukan penyimpanan modal, memberikan pinjaman dan lain sebagainya.

Jadi keuntungan dari serba usaha ini tidak hanya untuk para anggotanya saja namun juga untuk orang lain di sekitarnya. Misalnya penyediaan kebutuhan sehari – hari untuk orang – orang di sekitar koperasinya, sehingga mereka tidak perlu mencari tempat lain untuk memenuhi kebutuhan.

  1. Unit Desa

Unit desa adalah jenis yang khusus diletakkan dan dibangun di desa. Sehingga para anggotanya juga terdiri dari orang – orang di desa tersebut. Unit desa memiliki berbagai layanan sesuai dengan keinginan para anggotanya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini