Pengertian, Jenis Koperasi serta Manfaatnya Jika Bergabung

Sehingga tidak menutup kemungkinan ada layanan simpan pinjam dan penyediaan barang sekaligus. Di Indonesia, biasanya setiap desa sudah pasti memiliki 1 koperasi unit desa. Sehingga masyarakat di sana juga bisa menikmati manfaat dari adanya badan usaha ini.

  1. Pegawai Republic Indonesia

Ada juga jenis pegawai republic Indonesia atau biasanya disingkat dengan KPRI. Dilihat dari Namanya, mungkin Kalian sudah dapat memahami bahwa para anggotanya terdiri dari pegawai negeri sipil. Biasanya untuk pegawai di perusahaan BUMN, universitas negeri dan sejenisnya.

KPRI biasanya lebih fokus pada bidang penyediaan barang dengan harga sangat murah untuk para anggotanya. Kemudian juga fokus pada kegiatan simpan pinjam yang bisa menguntungkan para pegawai.

  1. Sekolah

Lalu jenis ini merupakan badan usaha sederhana yang terletak di sekolah. Fokus kegiatan usahanya adalah dengan menyediakan barang – barang sesuai kebutuhan siswa. Misalnya seragam, alat tulis, sepatu, dasi, dan camilan – camilan jika memungkinkan.

Setelah memahami apa saja jenis – jenisnya, tentu Kalian memahami bahwa ada berbagai jenis badan usaha yang terletak di mana – mana. Kalian harus mencoba bergabung untuk mendapatkan manfaat – manfaatnya. 

5 Manfaat Bergabung di Koperasi

5 Manfaat Bergabung di Koperasi
5 Manfaat Bergabung di Koperasi

Selain disebut dalam undang – undang, badan usaha ini terbilang sangat penting diikuti karena memang memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Jika Kalian belum pernah bergabung dan belum tahu apa keuntungannya, coba pahami beberapa manfaatnya berikut ini.

  1. Untuk Menyimpan Modal

Manfaat utamanya adalah untuk menyimpan modal. Jika Kalian memiliki banyak penghasilan dan ingin menabung dengan aman, maka badan usaha ini adalah solusinya. Selain itu, menyimpan modal di badan usaha ini juga akan menghindarkan kalian dari biaya admin.

Apalagi salah satu prinsip dari perkoperasian adalah untuk memberi kemudahan dan keuntungan bagi para anggota yang bergabung. Tidak heran jika banyak orang menyimpan modalnya di sini.

  1. Untuk Mendapat Pinjaman

Manfaat lainnya jika bergabung di koperasi adalah untuk mendapat pinjaman dengan mudah. Tentunya melakukan pinjaman di sini tidak akan merugikan sama sekali. Pinjamannya bisa digunakan untuk berbagai hal, misalnya pengobatan, modal usaha, dan lain sebagainya.

Pinjaman di badan usaha ini biasanya tidak memberikan bunga. Atau jika ada bunga maka persentasenya tidak terlalu besar.

  1. Untuk Meningkatkan Penghasilan Anggota

Di dalam perkoperasian juga ada istilah SHU atau sisa hasil usaha. Keuntungan atau manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah Kalian sangat mungkin mendapat pembagian sisa hasil usaha. Jadi dari penjualan atau produksi barang, nantinya ada hasil yang akan dibagikan.

Sehingga bisa dikatakan, bergabung di koperasi akan membuat penghasilan kalian menjadi lebih meningkat. Meskipun jumlah penghasilan ini tidak menentu, karena tergantung berapa sisa hasil usaha atau SHU yang didapatkan dari hasil produksi atau penjualan.

  1. Bisa Mendapat Barang dengan Harga Lebih Murah

Manfaat lainnya adalah bisa mendapat barang dengan harga lebih murah. Tentu Kalian pernah merasa keberatan dengan harga – harga yang semakin naik saat ini. Namun dalam perkoperasian, kebutuhan sehari – hari para anggota akan dijamin lebih murah dari lainnya.

Namun jika tidak mendaftar menjadi anggota, tentu manfaat ini tidak akan bisa didapatkan. Manfaat ini juga menjadi alasan mengapa banyak sekali anggota Wanita di dalam perkoperasian. Terutama karena Wanita lebih memperhatikan harga kebutuhan sehari – hari.

Baca juga : Definisi Koperasi Simpan Pinjam, Fungsi, dan Keunggulannya

Mempelajari apa saja jenis – jenis dan manfaatnya, tentu akan membuat Kalian merasa lebih tertarik untuk bergabung di koperasi.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini