Definisi Koperasi Simpan Pinjam, Fungsi, dan Keunggulannya

  1. Pilihlah KSP dengan Tepat

Sebelum melakukan peminjaman, pastikan kalian memilih KSP secara tepat. Hal tersebut karena tidak semua koperasi mengadakan layanan peminjaman dana sehingga perlu mencari informasi terlebih dahulu.

Kemudian, carilah KSP berjenis primer kalau kalian ingin mengajukan pinjaman dana atas nama perorangan. Apabila pengajuan tersebut atas nama badan hukum atau bukan perorangan, carilah KSP sekunder.

  1. Gali Informasi Koperasi Tersebut

Langkah kedua adalah menggali informasi seputar koperasi simpan pinjam tersebut sudah memenuhi ciri koperasi berkualitas atau belum. Hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukan supaya kalian terhindar dari lembaga bodong.

Tidak hanya itu, alangkah baiknya kalian mencari tahu apakah ada jaminan atau agunan ketika melakukan peminjaman. Sangat disarankan untuk memilih unit usaha yang membebaskan hal tersebut.

  1. Penuhi Syarat Sebagai Anggota

Tahapan berikutnya ialah dengan memenuhi setiap syarat dari KSP untuk menjadi anggota. Terdapat empat syarat yang perlu dipenuhi sebagaimana penjelasan sebelumnya pada poin fungsi KSP.

  1. Penuhi Syarat Peminjaman

Ketika sudah menjadi anggota resmi, pengajuan pinjaman akan makin mudah. Setidaknya terdapat enam persyaratan yang wajib dipenuhi supaya pengajuan bisa diterima pihak koperasi simpan pinjam.

  • Termasuk anggota KSP ataupun masih berstatus calon
  • Sudah melakukan pengisian form/proposal pengajuan peminjaman dana yang disediakan
  • Diharuskan untuk memiliki NPWP kalau jumlah pinjaman dananya di atas 50 juta rupiah
  • Diharuskan untuk menyetorkan KTP suami dan istri sekaligus surat nikah bagi yang sudah menikah
  • Menyetorkan berbagai berkas penunjang lainnya, mulai dari KK, slip gaji, rekening listrik, hingga buku pensiun kalau diperlukan
  • Apabila dana nantinya untuk keperluan bisnis, berarti kalian diharuskan untuk menyiapkan berkas-berkas. Mulai dari BPKB, surat tanah, sertifikasi deposito, dan lainnya sebagai jaminan
  1. Ajukan Pinjaman

Apabila sudah melewati empat tahap di atas, sekarang kalian sudah dapat mengajukan pinjaman dana. Jangan lupa untuk membawa setiap berkas seperti pada penjelasan sebelumnya supaya pengajuannya dapat diproses.

Keunggulan KSP Dibandingkan dengan Bank

Keunggulan KSP Dibandingkan dengan Bank
Keunggulan KSP Dibandingkan dengan Bank

Terakhir akan dijelaskan keunggulan dari KSP apabila dibandingkan dengan bank. Setidaknya terdapat tiga keunggulan dari koperasi simpan pinjam daripada bank sehingga membuatnya disukai banyak orang.

Layanan dari KSP terbilang mudah dan cepat karena memegang prinsip memudahkan masyarakat dalam meminjam dan menyimpan uang. Kemudian, pembagian sisa dana dilakukan secara adil dan merata menurut kontribusi setiap anggotanya.

Keunggulan lainnya adalah menggunakan sistem kekeluargaan dengan mengutamakan hasil rapat anggota secara demokrasi. Oleh sebab itu, gotong royong selalu dilakukan demi meningkatkan kesejahteraan setiap anggota.

Baca juga : Video CCTV Bjorka Viral Bikin Handphone Lag? Simak Faktanya..

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat diketahui bahwa lembaga keuangan satu ini sangat mengutamakan kepentingan setiap anggotanya. Hal tersebut telah membawa koperasi simpan pinjam sebagai favorit bagi banyak orang.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini