Fakta Unik Oktoberfest sebagai Festival Minum Bir di Jerman

Primaradio.co.id – Beberapa dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah festival bernama Oktoberfest. Ini adalah salah satu festival bir yang paling besar dan terkenal di dunia.

Baca Juga : Festival Bakpao di Hongkong Kini Hadir Kembali

Biasanya, pihak penyelenggara adalah di kota Munich, Jerman, dan bukan seperti namanya; September menjadi waktu penyelenggaraannya. Pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu sempat membatalkan festival ini. 

Akhirnya, pada tanggal 17 September 2022 sampai 3 Oktober 2022 dimulai kembali setelah bakul. Seiring berkembangnya waktu, acara tersebut tidak hanya tentang minum bir. 

Ada banyak acara lain yang menyenangkan seperti karnaval, kuliner, wahana seru untuk anak-anak dan sebagainya. Ketahui semua hal tentang Oktoberfest seperti berikut ini. 

Sejarah Panjang Festival Oktoberfest

Sejarahnya memang cukup panjang Dimana pada awalnya merupakan acara perayaan pernikahan putra Mahkota Bavaria. Kemudian beliau menjadi Raja Louis 1.

Ketika itu, beliau menikah dengan Putri bernama Therese von Sachsen-Hildburghausen. Festival tersebut pertama kali ada pada 12 Oktober 1810 dan dirayakan selama 5 hari. 

Pacuan kuda bernama Theresienwiese menjadi event yang mengakhiri acara itu. Pada tahun selanjutnya, mulai ada juga pameran pertanian yang menjadi ajang memperkenalkan produk makanan dan minuman disana. 

Singkatnya, ketika akhir abad ke-20, stan itu berkembang menjadi aula yang besar dari kayu lapis. Ada beberapa ruangan termasuk balkon dan bangunan sementara dari pembuat bir. 

Bangunan sementara itu dapat menampung sampai dengan 6000 orang. Tradisi Oktoberfest sejak dulu adalah Walikota Munich akan mengetuk tong pertama. 

Sebagai informasi, dalam sekali penyelenggaraannya, total konsumsi bir mencapai 2 juta galon atau 75800 hektoliter. Namun sekarang ada lebih banyak pertunjukan menarik bagi publik. 

Menurut informasi, penyelenggaraannya juga mampu menarik sampai dengan 6 juta orang turis. Tidak heran jika kemudian even itu menjadi sangat terkenal di dunia. 

7 Fakta Unik tentang Oktoberfest

Selain sejarahnya, kalian pasti ingin tahu lagi tentang sederet fakta unik even di Jerman ini. Berikut adalah beberapa fakta tersebut sehingga nantinya kalian tidak kaget saat berkunjung kesana. 

Dimulai sejak September 

Meski mengandung nama Oktober, tapi event ini sudah mulai dilaksanakan sejak September. Kemudian akan terus berlangsung hingga 1 minggu pertama di Oktober. 

Namun, seiring berjalannya waktu, biasanya durasi penyelenggaraannya mulai lebih panjang. Terlebih pada bulan-bulan ini Cuacanya memang lebih hangat serta menyenangkan. 

Baru Boleh Minum setelah Walikota Resmi Membukanya

Pada event Oktoberfest, kalian tidak boleh minum bir sesukamu. Artinya, pengunjung memang baru boleh minum bir setelah walikota Munich membuka acara itu. 

Lebih tepatnya adalah setelah walikota mengatakan O’zapft is setelah upacara pembukaan di hari pertama. Jika tertarik ingin bergabung, maka pastikan kalian ada di sebuah lokasi. 

Lokasi itu adalah tenda Schottenhamel dimana pengunjung bisa belajar tentang tradisi Bavaria. Pada momen tersebut, walikota akan mengetuk tong pertama bir.

Setelah tong pertama dibuka, maka barulah pengunjung yang ada bisa mendapatkan bir dan mulai minum. Ini juga resmi sebagai tanda bahwa walikota sudah memulai event tersebut. 

Tetap Ramah untuk anak

Meskipun inti Oktoberfest adalah tentang tradisi minum bir yang pastinya bukan untuk anak-anak, tapi seiring waktu, pihak penyelenggara mulai memperbaiki citra itu. 

Mereka mencoba menjauhkan citra festival ini sebagai tempat minum alkohol secara bebas. Dengan arti kata lain, mereka mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih ramah keluarga. 

Sekarang ada karnaval dan berbagai kegiatan yang lebih menyenangkan. Misalnya saja wahana wahana seru, kincir ria, roller coaster, sampai parade tradisional Bavaria untuk segala usia. 

Minum Bir untuk Kesehatan 

Alasan festival Oktoberfest sangat populer dan penting adalah bukan hanya karena hedonisme. Namun juga karena kebutuhan karena pada jaman dulu, pasokan air bersih di kota itu sangat buruk.

Penduduk Bavaria Selatan harus mencari minuman alternatif untuk menghindari berbagai wabah seperti kolera dan penyakit mengganggu lainnya. Bir memang menjadi opsi karena enak dan aman.

Kemudian, sejak abad ke-19, pemurnian air semakin berkembang sehingga kebiasaan mengganti air dengan bir tidak perlu lagi berlanjut. Karena itulah, mereka hanya minum demi kesehatan atau “zum wohl”.

Hanya ada Bir Munich 

Kalian wajib tahu bahwa Oktoberfest merupakan tradisi perayaan khas dari Bavaria. Oleh karena itu, hanya bir yang dibuat dalam batas kota Munich saja yang boleh tersedia.

Artinya, kalian mungkin akan sedikit sulit menemukan merk-merk selain itu. Pihak pemerintah atau penyelenggara sudah memiliki beberapa kriteria untuk bir yang boleh tersedia pada momen tersebut.

Beberapa minggu sebelum event tersebut, pabrik bir akan menyajikan produk Wiesn Yang baru saja dibuat. Total ada 6 pabrik saja di bagian ibukota negara bagian yang boleh menghidangkan bir di cangkir Wiesn. 

Beragam pabrik itu adalah merek yang sudah cukup dikenal di daerah tersebut. Selain itu, rasanya juga enak dan cocok bagi lidah kebanyakan pengunjung disana.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini