Pelajari Sistem Pemerintahan di Dunia dan Cirinya

Primaradio.co.idSistem pemerintahan di dunia memang sebenarnya patut untuk diketahui. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk saling percaya dan peduli sehingga kalian nantinya dapat memiliki tatanan  yang stabil.

Baca juga : Penerapan Green Building di IKN Nusantara dan Penjelasannya

Sistem pemerintahan yang berbeda pasti akan terbentuk lebih mudah. Hal ini tentunya tergantung kondisi masing-masing negara.

Pelajari tentang Sistem Pemerintahan di Dunia

Pelajari tentang Sistem Pemerintahan di Dunia
Pelajari tentang Sistem Pemerintahan di Dunia

Sistem pemerintahan merupakan suatu tatanan utuh yang terdiri dari banyak unsur berbeda-beda. Hal ini saling bergantung dan  mempengaruhi satu sama lain dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahan.

Berikut ini sudah ada jenis sistem pemerintahan dunia yang ada saat ini, antara lain:

Sistem Pemerintahan Presidensial

Berasal dari kata presiden, ternyata Sistem pemerintahan di dunia presidensial ini akan menetapkan hubungan fungsional antara organisasi dan administrasinya yang dipimpin oleh presiden. Bahkan, sejak ada Perubahan Ketiga dan Keempat UUD 1945.

Di mana pemerintahan Indonesia saat ini telah menerapkan sistem pemerintahan presidensial. Sebelumnya, Indonesia sendiri juga telah mempunyai sistem pemerintahan demokratis dan  mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu.  

Sementara itu, pembagian tugas yang dilaksanakan oleh lembaga negara dengan sistem pemerintahan presidensial hanya menggunakan doktrin Trias Politica, Dimana Legislatif mempunyai wewenang untuk bisa membuat undang-undang. 

Moderator ini juga berperan sebagai salah satu penegak hukum. Otoritas kehakiman juga telah mempunyai kekuasaan untuk bisa mengadili pelanggaran hukum.

Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Presiden yang dipilih oleh rakyat biasanya melalui pemilu. Masa jabatan presiden hanya untuk jangka waktu tertentu. 

Presiden adalah seorang kepala negara dan kepala pemerintahan dari sebuah negara. Melalui jabatan tersebut, presiden juga akan mengangkat pejabat pemerintah terkait lainnya, seperti menteri. 

Presiden juga mempunyai kekuasaan legislatif berdasarkan UUD atau konstitusi dan kekuasaan eksekutif. Hak prerogatif adalah sebuah kewenangan mengangkat dan memberhentikan menteri pada pimpinan kementerian serta lembaga lainnya. 

Presiden bertugas untuk kekuasaan dalam menyatakan bahwa, sesuai dengan Konstitusi, peraturan harus ditegakkan atau dicabut. Keputusan kepala negara ini nantinya tidak dapat diganggu gugat.

Sistem Pemerintahan Parlementer

Sistem Pemerintahan Parlementer
Sistem Pemerintahan Parlementer

Jenis Sistem pemerintahan di dunia berikutnya adalah sistem parlementer, dimana presiden dan perdana menteri akan memegang kekuasaan. Parlemen ini tentunya mempunyai peranan yang sangat penting dalam pemerintahan. 

Beberapa negara yang sudah menerapkan sistem pemerintahan ini seperti Malaysia, Jepang, Inggris, Belanda, Singapura, dan masih banyak.  Parlemen ini juga mempunyai kekuasaan untuk menunjuk Perdana Menteri.

Hal ini nantinya akan dapat menggulingkan pemerintah, termasuk dengan mengajukan mosi tidak percaya. Presiden adalah seorang kepala negara dan perdana menteri merupakan kepala pemerintahan di sebuah negara

Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Parlementer

Parlemen menjadi pemegang kekuasaan dan negara ini langsung diperintah oleh seorang perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Sedangkan, kepala negara dipegang langsung oleh presiden atau raja. 

Kekuasaan eksekutif presiden ini telah ditunjuk oleh badan legislatif dan raja dipilih berdasarkan hukum. Perdana Menteri juga mempunyai banyak keistimewaan. 

Kekuasaan eksekutif akan langsung bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif. Menteri bertanggung jawab atas kekuasaan legislatif. Kekuasaan eksekutif ini sebenarnya juga dapat dipaksakan oleh kekuasaan legislatif. 

Sistem Pemerintahan Semi Presidensial

Sistem Pemerintahan Semi Presidensial
Sistem Pemerintahan Semi Presidensial

Jenis Sistem pemerintahan di dunia semipresidensial  ini merupakan gabungan antara presiden dan parlemen. Oleh karena itu, sering disebut eksekutif ganda atau eksekutif ganda.

Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Semi Presidensial

Presiden mempunyai hak yang istimewa untuk mengangkat atau memberhentikan kepala kementerian dan cabang. Negara ini juga dipimpin oleh seorang perdana menteri yang menjadi kepala pemerintahan dan seorang presiden menjadi kepala negara. 

Masa jabatan kepala pemerintahan ini tidak dapat ditentukan. Lamanya pemilihan umum ditentukan berdasarkan jangka waktu (4 hingga 6 tahun) saja. 

Sistem Pemerintahan Komunis

Sistem pemerintahan di dunia ini sepenuhnya telah dikendalikan oleh Partai Komunis. Jenis sistem yang masih ada hingga saat ini seperti Korea Utara, Vietnam, Laos, Republik Rakyat Tiongkok, Transnistria, serta Kuba.

Komunisme atau Marxisme juga dikenal sebagai salah satu ideologi dasar yang biasa digunakan oleh partai komunis. Hal ini berkaitan dengan filsafat, politik, masyarakat dan ekonomi.

Tujuan utamanya adalah untuk bisa langsung menciptakan masyarakat komunis dengan sistem ekonomi dan sosial. Hal ini berdasarkan kepemilikan bersama atas alat-alat produksi dan tanpa kelas sosial, uang atau negara. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini