Pelajari Sistem Pemerintahan di Dunia dan Cirinya

Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Komunis

Sistem pemerintahan di dunia ini telah didominasi oleh satu partai, Partai Komunis. Komunisme atau Marxisme-Leninisme (berasal dari pemikiran Lenin) dianggap sebagai bentuk ideologi negara. 

Sistem perekonomiannya juga telah menggunakan sistem komunis dengan perencanaan terpusat. Bahkan, sudah memiliki karakter otoriter dan kurang kebebasan berpendapat. 

Semua alat produksi juga telah  dikuasai oleh negara dan  swasta tidak berperan. 

Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal

Sistem pemerintahan demokrasi liberal
Sistem pemerintahan demokrasi liberal

Jenis Sistem pemerintahan di dunia berikutnya adalah demokrasi liberal atau demokrasi konstitusional. Kebijakannya ini tentu akan menganut kebebasan individu.

Cobalah untuk bisa langsung memastikan bahwa keputusan pemerintah tidak melanggar independensi konstitusional dan hak-hak individu. Sistem ini juga telah diterapkan oleh Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris. 

Selalu mematuhi konstitusi yang akan langsung digunakan dalam bentuk  presidensial, republik, dan monarki konstitusional. 

Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal

Sistem pemerintahan di dunia ini lebih mengutamakan kepentingan pribadi, terutama dalam lingkungan komunitas. Agama adalah urusan semua orang, karena adanya keyakinan beragama adalah hak asasi manusia yang sangat pribadi. 

Percaya atau tidak adanya sosok Tuhan (ateisme). Lebih mengutamakan hak asasi manusia yang berkaitan dengan kebebasan individu.

Sistem Pemerintahan Liberal

Sistem pemerintahan liberal ini juga telah menganut prinsip liberal sebagai dasar pengambilan kebijakan. Faktanya, pemerintah juga tidak mengambil kebijakan tersebut. 

Mayoritas dari kegiatan pemerintahan negara juga dapat dilakukan oleh sektor swasta. Liberalisme dan libertarianisme adalah salah satu ideologi, visi filosofis, dan tradisi politik yang telah didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan kesetaraan adalah nilai-nilai politik lebih mendasar.

Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Liberal

Sistem pemerintahan di dunia ini juga telah menganut prinsip demokrasi. Wakil-wakil rakyat dalam pemerintahan negara bagian dipilih oleh rakyat. Kongres juga berhasil mempunyai tanggung jawab besar terhadap warganya. 

Terdapat organisasi di pemerintahan yang akan membawahi badan legislatif. Buat alat manajemen berdasarkan pengalaman pribadi. Konstitusi untuk bisa membatasi kekuasaan eksekutif. 

Baca juga : Pengertian Reformasi Gereja Hingga Dampaknya

Setiap individu juga telah mempunyai kesempatan yang sama dalam segala bidang kehidupan, baik politik, sosial, ekonomi maupun budaya. Jadi Sistem pemerintahan di dunia ini sangat berbeda-beda.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini