Detail Processor 13th Gen Intel Mobile yang Wajib Diketahui

Beberapa bulan lalu, pabrikan secara resmi meresmikan processor 13th Gen Intel Mobile di tanah air. Beberapa dari kalian mungkin sudah pernah mendengar tentang spesifikasinya.

Baca juga: Teknologi Robot Hewan Canggih Beserta Contoh Nyatanya

Namun, ada juga yang masih belum paham betul mengenai hal baru apa yang ada pada produk tersebut. Sebagai informasi, produk tersebut diluncurkan pada tanggal 15 Juni 2023 lalu. 

Selain itu, Intel Indonesia juga memperkenalkan unggulan lain mereka yaitu “4th Gen Intel Xeon Scalable (sapphire rapids)”. Mereka merancang semuanya untuk berbagai macam keperluan. 

Misalnya saja untuk AI, data center modern, cloud, edge, jaringan, hingga superkomputer. Ingin tahu lebih banyak tentang processor 13th Gen Intel Mobile? Simak semuanya pada penjelasan berikut.

Dipakai Lebih pada 40 Desain Laptop

Karena performanya, sekitar 40 desain laptop sudah memakai produk tersebut dimana semuanya merupakan brand terkemuka. Sebagai contoh adalah Asus, Acer, Dell, HP, MSI, dan Lenovo. 

Menariknya, semua brand yang memakai processor ini menjual laptop mereka dengan banderol harga mulai dari 10 juta rupiah. Lebih lanjut lagi, pihak pabrikan juga memastikan produk mereka nyaman bagi berbagai gadget.

Sebagai contoh adalah laptop thin and light, 2 & 1, foldable, serta form factor lainnya. Bagi IoT Edge, ternyata processor 13th Gen Intel Mobile memiliki banyak fitur industri baru dan temperature operation lebih luas.

Kalian juga bisa melihat bahwa CPU mereka memiliki performa lebih mumpuni, lebih banyak performa AI, serta kemampuan grafis tentunya. Beberapa perusahaan sudah memberikan testimoni mereka baru-baru ini. 

Mereka mengatakan bahwa processor tersebut sangat baik untuk sektor kesehatan, pendidikan, retail, industri, kedirgantaraan, dan smart city. Konsolidasi beban memang menjadi lebih baik.

Hal tersebut karena adanya thread dan core yang lebih banyak. Tentu saja manfaatnya adalah membuat lebih beragam aplikasi mampu beroperasi pada satu perangkat.

Kalian wajib tahu bahwa kehadiran processor 13th Gen Intel Mobile adalah sebagai pelengkap bagi keluarga 13th gen intel yang sebelumnya sudah ada. Contohnya adalah i9-13900K.

Kemudian ada juga varian lainnya seperti H-Series mobile dengan kehadiran proser 24 core pertama bagi laptop. Contoh lain adalah flagship i9-13980HX yang menjadi perangkat mobile paling cepat di dunia. 

Processor 13th Gen Intel Mobile dan Spesifikasinya

Sebelum kalian memutuskan memakai produk ini, mengetahui spesifikasinya secara detail sangat direkomendasikan. Tujuannya adalah agar penggunaannya bisa maksimal sesuai dengan gadget.

Beberapa hal yang wajib diketahui misalnya saja adalah daya, kemampuan, dan sebagainya. Tidak perlu menunggu lama, berikut adalah informasi tentang spesifikasinya:

Cocok untuk Gaming

Bagi kalian yang hobi bermain game, processor 13th Gen Intel Mobile merupakan opsi terbaik. Ini memiliki fitur unik seperti dukungan untuk DDR5 dan DDR4.

Tujuannya adalah membuat platform game mobile terbaik bagi siapapun. Jumlah desainnya juga lebih banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya sehingga cocok sekali untuk laptop masa kini. 

Jumlah Desain Lebih Banyak

Jumlah desain menjadi salah satu alasan mengapa kita harus mempertimbangkan menggunakan processor tersebut. Jumlah desainnya bahkan 5 kali lebih banyak daripada versi sebelumnya.

Untuk desain HX, ada sekitar 60 desain untuk membuat berbagai macam kreasi, streaming, dan bersaing dengan konten kreator lainnya. Jadi kalian pasti akan puas dengan desain tersebut. 

Varian dengan Performa Tinggi

Kalian wajib tahu bahwa ada seri P-series dan U-Series mobile yang cocok bagi siapapun yang ingin memperoleh performa tinggi, terutama ketika bepergian. Sistem mereka juga sangat ramping serta tipis.

Bahkan untuk pertama kalinya, beberapa desain khusus yang memakai akan menampilkan Intel Movidus VPU atau dikenal juga dengan Vision Processing Unit.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu hasil kreasi yang dekat dengan Microsoft, terutama di Windows Studio Effects mereka yang baru. Berbagai task akan sangat mengandalkan AI serta membutuhkannya sebagai kolaborasi. 

Cocok untuk Berbagai Sektor

Dengan segala spesifikasi yang dimiliki oleh processor ini, kalian bisa memakainya dalam berbagai sektor. Misalnya saja untuk pendidikan, retail kesehatan, kedirgantaraan, sampai dengan konsep kota pintar.

Bagaimana tidak, kalian dapat mengandalkan CPU dengan performa lebih tinggi yang memiliki lebih banyak kemampuan grafis. Di lain sisi, performa Artificial Intelligence-nya juga tidak kalah. 

Kalian akan mendapatkan konsolidasi beban yang lebih baik karena mereka mempunyai core serta thread yang lebih banyak. Artinya kita bisa menjalankan berbagai macam aplikasi dalam satu waktu di satu perangkat. 

Menggunakan Proses Fabrikasi Terbaru Intel

Secara teknis, processor 13th Gen Intel Mobile memakai proses fabrikasi terbaru dari Intel. Teknologi tersebut merupakan teknologi pemrosesan intel 7 serta arsitektur x86.

Sistem seperti ini menawarkan performa single threaded sampai dengan 15 persen. Sementara itu, performa multi-threaded sampai dengan 41 persen. 

Bahkan, pabrikan tersebut berani memberikan klaim bahwa processor terbaru ini bisa menyaingi versi sebelumnya bahkan hanya dengan menggunakan separuh daya saja. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini