Teknologi Robot Hewan Canggih Beserta Contoh Nyatanya

Kehadiran robot hewan sekarang ini lebih bervariasi dan bisa membuat siapapun tercengang. Bagaimana tidak, bukan hanya manfaatnya yang besar, tampilan luarnya bahkan semakin mirip dengan binatang aslinya. 

Baca juga: Papan Melayang Hoverboard Aircraft dan Manfaatnya bagi Manusia

Selain itu, robotik juga memainkan peran yang lebih penting bagi kehidupan manusia sekarang ini. Sebagai contoh adalah membantu pekerjaan rumah, membantu dokter melakukan operasi, dll. 

Bahkan lebih jauh lagi, kecanggihannya bisa membantu polisi atau institusi keamanan dalam menjalankan tugasnya. Namun, memang membuat robot bukanlah hal mudah. 

Secara garis besar, robot hewan misalnya, sengaja mendapatkan program dimana program tersebut dirancang agar mampu melakukan tugas tertentu. Oleh karena itu, kemampuannya Memang tidak sama. 

Mengenal Apa itu Teknologi Robotik?

Sebelum membahas tentang contoh robot ini, sebaiknya kalian harus tahu tentang teknologi robotik. Ini merupakan sebuah mesin yang pada umumnya bisa melakukan tindakan kompleks. 

Semuanya tentu saja secara otomatis. Secara garis besar mereka membutuhkan tiga elemen utama yaitu sensor, aktuator, dan pengontrol. Berikut adalah penjelasan serta contoh lanjutnya. 

  1. Sensor: lidar, kamera, mikrofon, dll
  2. Aktuator: piston, otot buatan, motor, dll
  3. Pengontrol 

Kebanyakan produk robotik seringkali manusialah yang mengendalikannya. Namun, tidak jarang juga sebagian atau bahkan seluruhnya dikendalikan oleh sistem komputer menjadikannya otonom. 

Untuk melakukan seluruh tindakan, sumber daya adalah hal penting. Seringkali mereka memperoleh tenaga dari penggerak hidrolik yang bisa menggerakkan rotasi atau sambungan Linear. 

Pada akhirnya, perangkat tersebut akan memberikan kekuatan dan kecepatan tinggi. Di lain sisi, penggerak memiliki fungsi memberikan kecepatan dan kekuatan yang lebih kecil. 

Bagaimana Teknologi Robotik ini Bekerja?

Menurut beberapa sumber, robot hewan yang memiliki sistem penggerak listrik memang lebih akurat. Mereka juga menunjukkan pengulangan yang baik serta lebih bersih juga.

Sementara, penggerak pneumatik lebih cocok untuk ukuran robot yang lebih kecil karena memiliki derajat kebebasan yang lebih sedikit juga. Tapi produk ini bisa menjalankan operasi dalam bentuk material pick and Place.

Kalian juga harus tahu bahwa sensor berfungsi sebagai penginderaan. Setiap sensor yang ada adalah berdasarkan pada prinsip transduksi yang mengkonversi energi dari suatu bentuk ke bentuk lain. 

Secara lebih jauh, sensor merupakan perangkat untuk merasakan, mengukur sifat geometris hingga fisik robot. Bukan hanya itu, tapi juga untuk lingkungan sekitarnya. 

Misalnya saja seperti kecepatan, posisi, orientasi, jarak, percepatan, gaya, momen, ukuran, suhu, berat, pencahayaan, dan sebagainya. Dalam robot hewan, ada dua macam klasifikasi sensor. 

Klasifikasi tersebut adalah internal dan eksternal. Internal adalah ketika sistem memperoleh informasi mengenai robot ini sendiri seperti tentang kecepatan, posisi, percepatan, dsb. 

Kemudian eksternal merupakan sensor yang mengumpulkan informasi mengenai lingkungan sekitar perangkat. Sensor posisi akan memantau posisi dan kemudian simpan ke sistem kontrol. 

Sistem kontrol akan menentukan seberapa akurat gerakan robot hewan. Kemudian sensor jarak akan mempertimbangkan jarak dan pengindraan bisa diperoleh melalui pemancar, kamera televisi, dll. 

5 Robot Hewan Canggih Ciptaan Ilmuwan 

Beberapa jenis binatang mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan manusia. Sebagai contoh adalah bisa berlari kencang, terbang, menyelam dalam waktu lama, dan lainnya. 

Tidak heran jika kemudian banyak ilmuwan ingin membuat sebuah robot yang dapat menyerupai binatang tertentu; baik dari segi tampilan luar maupun kemampuannya. 

Tujuannya juga beragam seperti untuk penelitian, sarana bermain, keamanan, dsb. Berikut adalah beberapa robot hewan tercanggih yang pernah dibuat oleh ilmuwan.

Yume Neko Smile

Ini merupakan robot canggih dalam tampilan kucing yang sedang tersenyum. Tampilannya benar-benar mirip dengan seekor kucing pada umumnya jadi kalian pasti gemas.

Ilmuwan menciptakan Yumi Neko dengan tujuan untuk menemani para lansia di hari tua mereka. Namun, tentu saja Siapapun boleh memiliki robot kucing ini. 

Miro

Berbeda dengan Yumi Neko, Miro adalah robot hewan dalam bentuk ikan. Tentu saja tampilan fisik Miro sangat mirip dengan ikan biasa pada umumnya.

Karena itulah, Miro juga bisa bergerak di dalam air dan pergerakannya benar benar terlihat alami. Karena inilah, banyak orang terkecoh ketika baru melihat pertama kalinya. 

Miro merupakan robot yang dikembangkan oleh perusahaan Robotika dari Korea Selatan. Pada awalnya, tujuannya hanyalah sebagai hewan peliharaan modern saja. 

Namun, seiring dengan perkembangan jaman, beredar kabar bahwa mereka akan mengembangkannya sebagai robot pengintai. Nantinya akan ada beberapa peralatan juga. 

Sebagai contoh adalah kamera pengingat atau mata mata yang bisa dikontrol melalui smartphone. Sepertinya akan menjadi salah satu produk canggih di masa depan. 

Scorpion Hexapod 

Tubuh robot hewan ini menyerupai kalajengking dan sengaja ilmuwan merancangnya agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Namun memang ukurannya bisa 3 sampai 6 kali lebih besar dibandingkan kalajengking biasa. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini