Resep Brownies Kurma Kudapan Manis untuk Berbagai Suasana

Primaradio.co.id – Resep brownies kurma selalu jadi incaran kaum hawa karena menu satu ini memang tidak ada matinya. Bisa dinikmati setiap saat, baik untuk sarapan, menemani minum teh, maupun disuguhkan untuk tamu. 

Baca juga : Resep Kue Kacang Lembut dan Renyah Tanpa Oven Anti Gagal

Menu satu ini memang sangat sesuai untuk dijadikan santapan di segala waktu, terutama ketika berkumpul bersama teman maupun keluarga. Sebab rasanya yang cenderung disukai oleh banyak orang, apalagi jika ditambahkan kurma sebagai pelengkapnya.

Selain punya cita rasa enak serta mengenyangkan, ternyata membuat brownies juga tidak sulit. Bahkan bisa dilakukan oleh amatir sekalipun, sebab bahan-bahannya mudah didapatkan, cara buatnya mudah, dan bisa dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Langkah Membuat Resep Brownies Kurma

Nah, jika Anda tertarik membuat kue brownies enak untuk keluarga sebagai sajian berkumpul bersama atau hadiah untuk orang-orang terdekat, maka harus coba mulai dari sekarang. Biasanya, untuk membuat kue tidak bisa langsung berhasil di percobaan pertama.

Perlu latihan untuk bisa menghasilkan karya kue yang bagus juga sesuai dengan keinginan Anda. Sebelum mencoba, cek dulu langkah pembuatan brownies kurma berikut ini:

  1. Siapkan Berbagai Bahan yang Dibutuhkan

Langkah pertama dalam proses mengeksekusi resep brownies kurma adalah mempersiapkan bahannya terlebih dahulu. Untuk membuat brownies di Loyang 20x8x10 cm, dibutuhkan bahan-bahan berikut ini:

  • 150 gram cokelat hitam, lelehkan dengan cara ditim.
  • 75 ml minyak goreng, bisa juga gunakan minyak sayur.
  • 6 butir telur ayam, biarkan utuh.
  • 200 gram gula pasir.
  • 75 gram margarin, cairkan.
  • ½ sendok the TBM.
  • 150 gram tepung protein sedang.
  • 50 gram cokelat bubuk, campurkan dengan tepung terigu kemudian ayak.
  • 100 gram kurma, bisa pakai jenis apa saja, tapi sebaiknya ambil yang berdaging banyak. Buang biji, kemudian potong dadu kecil.

Jika Anda berencana membuat dengan ukuran loyang berbeda, maka sesuaikan takarannya. Apabila ingin membuat lebih dari satu kue, maka tinggal takar lagi untuk pembuatan resep berikutnya.

Ingin menambahkan topping? Bisa siapkan dari awal, dapat berupa irisan kurma, parutan cokelat atau keju, gula halus, almond, dan pilihan topping lain sesuai selera.

  1. Persiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Jika sudah menyiapkan bahan resep brownies kurma, lanjutkan dengan mempersiapkan peralatan dibutuhkan. Berikut beberapa peralatan dan perlengkapan harus disediakan:

  • Loyang berukuran 20x8x10 cm, bisa ukuran berbeda tergantung ketersediaan di rumah. Olesi dengan mentega atau minyak, bisa juga ditaburi tepung maupun dilapisi menggunakan kertas roti.
  • Mixer.
  • Wadah untuk mencampurkan bahan.
  • Oven atau kukusan, tergantung metode pemasakan yang dipilih.
  • Soletan, sendok, kuas, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Pastikan seluruh alat yang dipersiapkan dalam keadaan bersih dan kering.

  1. Proses Pembuatan

Lanjut ke proses pembuatan resep brownies kurma dengan 7 langkah berikut ini:

  1. Potong-potong cokelat, kemudian cairkan dengan cara ditim bersama minyak goreng. Setelah cair, diamkan hingga suhu ruang.
  2. Kocok telur, gula, margarin, dan TBM menggunakan mixer hingga mengembang. Pastikan adonan sudah mengembang 3 kali lipat dari ukuran semula dan berjejak.
  3. Masukkan tepung ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga tepung habis. Bisa tetap menggunakan mixer dengan putaran sedang atau mempergunakan soletan. Pastikan bahan tercampur dengan rata.
  4. Campurkan potongan kurma dan aduk menggunakan soletan sampai rata.
  5. Tuang 1/3 adonan ke dalam loyang, kemudian hentakan hingga rata. 
  6. Masukkan ke dalam oven bersuhu 180 derajat atau kukusan yang sudah dipanaskan hingga mendidih.
  7. Setelah sepuluh menit, masukkan 2/3 adonan sisanya. Kemudian masak lagi 35-50 menit, tergantung kekuatan oven dan kukusan masing-masing.

Sesimpel itu untuk membuat satu kue brownies yang bisa dinikmati satu keluarga. Anda bisa membuatnya kapan saja, bahkan menjadikannya sebagai buah tangan bagi teman maupun kerabat.

  1. Pengovenan atau Pengukusan

Untuk memastikan resep brownies kurma bisa berhasil dan cita rasanya enak, pastikan memilih metode pemasakan yang tepat. Ada dua teknik pemasakan dapat digunakan untuk memasak kue cokelat yang sering disebut kue bantat ini, yaitu menggunakan oven dan kukusan.

Penggunaan oven bisa menggunakan yang listrik maupun tangkring. Untuk pemasakan menggunakan oven listrik panasnya akan lebih stabil dan lebih cepat matang serta pematangannya merata. Sedangkan oven tangkring rentan mengalami naik turun suhu dan pematangan tidak merata.

Agar bisa matang merata, pastikan api stabil dan letakkan cetakan di bagian tengah oven. Kemudian lakukan pengecekan kontinu, tapi tidak boleh membuka pintu oven sebelum 25 menit setelah memasukkan 2/3 adonan.

Jika Anda menggunakan kukusan, pastikan kukusan sudah panas dan airnya mendidih ketika memasukkan adonan. Selain itu, pastikan juga air di panci kukusan tidak jatuh mengenai kue, karena akan mengubah bentuk, tekstur, serta rasa.

Pemasakan menggunakan kukusan membutuhkan waktu lebih lama, bisa memakan waktu hingga 40 menit hingga matang. Gunakan api sedang setelah adonan masuk ke dalam kukusan.

  1. Cara Mengetahui Brownies sudah Matang atau Belum

Bagi yang baru pertama kali mengeksekusi resep brownies kurma mungkin bingung bagaimana cara mengecek apakah brownies sudah matang atau belum. Sebaiknya, pengecekan dilakukan setelah 20 hingga 25 menit pemasakan di oven atau kukusan.

Gunakan tusuk sate bersih dan tusukkan ke bagian tengah adonan, apabila masih ada adonan menempel pada tusuk sate, berarti belum matang. Masak lagi selama 5 sampai 10 menit, baru cek lagi.

Untuk proses memasak menggunakan kukusan, jarang sekali hasil akhirnya brownies kering dan keras. Tekstur cenderung lebih lembut dan kenyal, tapi daya tahannya lebih rendah dibandingkan yang dipanggang.

Untuk brownies panggang sebaiknya set timer, jangan masak terlalu lama karena akan menyebabkan tekstur kering juga keras. Jika sudah atas 40 menit sebaiknya diangkat, terutama ketika sudah dicek tingkat kematangannya.

  1. Penyimpanan Brownies agar Awet dan Tahan Lama

Setelah berhasil mengeksekusi resep brownies kurma Anda perlu tahu bagaimana cara penyimpanan yang tepat. Sebaiknya, simpan dalam wadah kedap udara setelah dingin agar bisa bertahan 2-3 hari (panggang), 1-2 hari (kukus) dengan penyimpanan di ruangan.

Apabila menyimpan dalam kulkas juga perlu dimasukkan dalam wadah kedap udara dan bisa bertahan selama 1 minggu di chiller. Penyimpanan di freezer dapat mempertahankan keawetan brownies hingga 3 bulan. 

Semakin lama brownies di simpan, maka akan mempengaruhi rasanya. Oleh sebab itu, setelah dibuat sebaiknya segera dikonsumsi.

Membuat kue brownies yang enak ternyata tidak sesulit yang Anda sangka sebelumnya. Bisa dilakukan dengan cara cukup mudah, terutama jika sudah memiliki peralatannya di rumah, tinggal membeli bahan dan eksekusi saja. 

Baca juga : Resep Kue Cubit yang Sederhana dan Lumer Anti Gagal

Pembuatan resep brownies kurma simpel ini bisa menjadikan acara kumpul keluarga makin bermakna dan terasa menyenangkan, terutama di momen-momen penting seperti buka puasa atau lebaran.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini