Sejarah Sepak Bola Dunia, Indonesia beserta Perkembangannya

Sejarah Sepak Bola pada Pengembangan Aturannya

Sejarah Sepak Bola pada Pengembangan Aturannya
Sejarah Sepak Bola pada Pengembangan Aturannya

Dari tahun ke tahun banyak sekali perubahan aturan, yang sudah terjadi. Tentu saja perkembangan tersebut bertujuan untuk membuat olahraga lebih baik dan berkualitas. Hingga dikenal seperti sekarang kalian perlu melihat perkembangannya lebih dahulu.

Di tahun 1848 terjadi penyusunan peraturan oleh sekolah Cambridge dan menjadi bekal aturan Internasional. Selanjutnya 1891 dimulainya pemberlakuan tendangan penalti untuk tiap pertandingan.

Dilanjutkan pada tahun 1978 terdapat aturan baru, yaitu tim bisa melakukan tendangan dari manapun ketika mendapatkan tembakan bebas. Hal ini berlaku asalkan pemain tidak melakukan tendangan dengan melewati bagian tengah lapangan.

1980 muncul regulasi baru berkaitan dengan pengaturan sikap dari para pemain. Hal tersebut seperti meludahi pemain lawan dapat dianggap sebagai pelanggaran. Sejarah sepak bola terus mengalami evolusi untuk meningkatkan citra permainannya.

Masih di waktu sama terdapat aturan mengenai tingginya pagar betis ketika melakukan tendangan bebas. Ketika di dalam kotak penalti usahakan memiliki jarak minimal 9,15 meter dari bola.

1981 muncul ketentuan tentang pergantian pemain. Bagi pengganti perlu menunggu penggalian dari wasit sebelum masuk di area lapangan. Selanjutnya bagi pemain berperilaku buruk seperti bicara kasar, pelanggaran serius wasit berhak mengeluarkannya.

Tugas hakim diatur pada tahun 1982 untuk memberitahukan ketika bola keluar maupun tim, yang melakukan tendangan sudut. Bahkan lemparan ke dalam maupun tendangan gawang juga ditentukan berdasarkan ketentuan hakim.

1993 muncul ketentuan mengenai kartu merah untuk pemain. Hal tersebut berlaku jika pihaknya melakukan pelanggaran serius maupun penyerangan. Selanjutnya di tahun berikutnya yaitu 1996, 1998, dan 2000 muncul aturan teknikal lainnya.

Baca juga : Link Live Streaming Westham United Vs Chelsea Liga Inggris

Itu dia sejarah dan perkembangan sepak bola yang ada di dunia dan Indonesia. Banyaknya aturan dari waktu ke waktu membuktikan evolusinya. Hal ini membuktikan bahwa sejarah sepakbola cukup panjang.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini