Sejarah Valentine Day yang Penuh Cinta dan Kasih Sayang

Panjangnya sejarah valentine day membuat banyak orang merasa tersentuh. Apalagi dengan kisah yang mendalam sebelum menjadi momen penuh kasih sayang. Jutaan orang merayakannya dengan melakukan hal romantis dan penuh cinta.

Baca Juga : Makuta Cake Cokelat, Begini Cara Lengkap Membuatnya

Biasanya orang akan melakukan perayaan dengan mengajak kekasihnya makan malam romantis. Selain itu memberikan hadiah seperti bunga, cokelat, boneka dan sebagainya. Perayaan ini hadir pada 14 Februari setiap tahunnya.

Walaupun memiliki kesan penuh cinta atau kasih sayang, sejarahnya ternyata tidak semulus itu. Bahkan terdapat pengorbanan sehingga jutaan orang selalu merayakannya. Wajar jika perayaan ini penuh dengan sejarah yang mendalam.

Sejarah Valentine Day pada Tanggal 14 Februari

Sejarah Valentine Day

Awal mula hari valentine yakni kematian imam dan uskup, Santo Valentine di Terni, Italia. Kematian pria dengan sebutan Valentinus ini terjadi pada 269M. Pada masa itu terkenal sebagai pendeta taat.

Bahkan dalam sejarah valentine day, menjadi pendeta yang senang membantu. Belum lagi sering membiarkan orang Kristen kabur dari penjara bangsa Romawi. Apalagi terkenal karena kejam sehingga bisa menghindari penyiksaan buruk.

Perannya sebagai pendeta penting karena mengabdikan diri pada Kaisar Claudius II sebagai pemimpin Roma. Tapi kaisar mengeluarkan keputusan kontroversial. Terutama melarang pria lajang menikah untuk menjadikannya sebagai tentara.

Keputusan tersebut tentu mendapatkan tentangan besar dari pendeta. Apalagi merasakan jika keputusan ini tidak adil terutama bagi para pria. Terlebih harus berkorban nyawa tanpa merasakan yang namanya cinta.

Kemudian Valentine mencoba melawan keputusan dengan menikahkan pasangan muda. Dalam sejarah valentine day, ternyata tidak menjadi perlawanan berakhir baik. Terutama karena kekaisaran Roma menangkap dan memenjarakan Valentine.

Dalam penjara berbuat baik dengan mengobati anak gadis kepala sipir karena buta. Kepala sipir membalas jasanya dengan menyelundupkan surat. Suratnya berisi pesan jatuh cinta pada gadis yang sembuh dari kebutaan.

Kisah romantis menjadi asal usul nama pendeta tersebut sebagai hari besar dunia. Alasan kenapa perayaannya pada 14 Februari karena kematian Valentine. Tentu harus mengalami eksekusi pada tanggal 14 Februari 269M.

Perayaan Hari Valentine pada Masa Modern

Sejarah Valentine Day

Pada zaman modern, berbeda dengan sejarah valentine day pada masa terdahulu. Terutama karena masa sekarang telah menjadi festival komersial. Bahkan banyak gerakan besar dan berkesan yang orang berikan bagi pasangan.

Pada hari tersebut nantinya menjadi momen memperingati cinta maupun persahabatan. Tidak ketinggalan menjadi momen mengungkapkan perasaan satu sama lain. Para kekasih bahkan akan melakukan hal serupa bagi satu sama lain.

Misalnya dengan menyiapkan kejutan yang dapat membuat hati semakin hangat. Apalagi jika membuat hadiah buatan tangan yang penuh dengan usaha. Tapi mengajak pergi ke kencan romantis juga menjadi aktivitas tepat.

Kegiatan lain yang sering dilakukan yakni membuat hidangan favorit di rumah. Termasuk sambil menghabiskan waktu berkualitas hanya bersama. Pastinya dapat menjadi momen menyenangkan yang tidak terasa menghabiskan banyak waktu.

Perbedaan antara sejarah valentine day dengan masa sekarang semakin terlihat. Apalagi setelah melihat hari valentine pertama kali pada tahun 496. Dulunya terdapat festival Romawi berupa Lupercalia pada pertengahan bulan Februari.

Pada festival tersebut laki-laki akan memilih nama perempuan dan akan tinggal bersama pada momen tersebut. Apabila berhasil, terkadang pasangan berlanjut hingga menikah. Tapi sekarang festival ini sudah mendapatkan pengubahan.

Gereja memutuskan menjadikan festival ini sebagai bagian dalam perayaan kristen. Tentu menjadi awal mula kenapa hari tersebut semakin populer ke seluruh dunia. Pastinya semua orang mengenali sebagai momen penuh cinta.

Fakta Unik Mengenai Hari Valentine

Sejarah Valentine Day

Dunia barat menjadikannya sebagai hari wajib untuk merayakan dan menyambutnya. Terutama bersama dengan orang tercinta seperti pasangan. Selain itu ternyata banyak fakta unik dan menarik tentang hari valentine seperti:

Cokelat Hadiah

Dalam sejarah valentine day, cokelat ternyata memiliki peran besar. Inisiasinya adalah Richard Cadbury yang mengenalkan sekotak cokelat pada 1868. Kemudian memberikannya sebagai hadiah untuk kekasihnya saat itu.

Ternyata menjadi produk edisi spesial khusus pada Valentine waktu itu. Menurut legenda pemberian cokelat sebagai hadiah meraih pengaruh dari budaya Eropa. Apalagi sudah menjadikan cokelat sebagai hadiah sejak tahun 1415.

Simbol Hati

Simbol hati menjadi gambaran jiwa murni manusia dalam hati. Tentu menjadi lambang kalau valentine tidak selalu harus bersama kekasih tapi orang tercinta. Selain itu menjadi lambang perasaan yang tulus.

Bunga Mawar

Pemberian bunga menjadi ungkapan perasaan untuk orang tercinta. Menurut penelitian, setidaknya 73% selalu dari pihak pria sedangkan 23% lainnya dari wanita. Memberikan bunga menjadi salah satu tanda minat terhadap seseorang.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini