Singapura Bebas Paspor di Bandara Changi, Begini Caranya

Kabar baik bagi kalian yang ingin liburan ke Singapura, karena sudah bebas paspor. Wisatawan Indonesia bisa masuk ke Singapura melalui Bandara Changi tanpa perlu menunjukkan dokumen atau paspor. Bagaimana caranya?

Paspor menjadi salah satu dokumen perjalanan yang wajib dibawa saat bepergian ke luar negeri. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku lagi jika kalian bepergian ke Singapura mulai tahun 2024 karena Bandara Changi telah mengumumkan bahwa dokumen tersebut tidak lagi diperlukan.

Baca juga: Petualangan Kuliner Laksa Khas Singapura yang Harus Kita Coba

Singapura telah merilis UU baru yang mengizinkan perjalanan bebas paspor yang akan dimulai pada tahun 2024. Sebagai penggantinya, bandara itu akan menggunakan sensor biometrik kepada penumpang yang berangkat dari negara itu.

Cara ke Singapura Bebas Paspor Melalui Bandara Changi

singapura bebas paspor

Sebagai pengganti pemeriksaan dokumen paspor, Bandara Changi Singapura akan menggunakan perangkat lunak pengenalan wajah yang diletakkan di beberapa pos pemeriksaan imigrasinya.

Perubahan ini diharapkan akan mengurangi kebutuhan penumpang untuk berulang kali menunjukkan dokumen perjalanan mereka di titik kontak. Dengan begitu pemrosesan wisatawan atau pengunjung Singapura dari Bandara Changi akan menjadi  lebih lancar dan nyaman.

Sensor biometrik akan digunakan untuk membuat token otentikasi tunggal. Sensor ini akan dipasang di berbagai titik kontak otomatis, mulai dari pengambilan tas hingga izin imigrasi dan boarding, sehingga menghilangkan kebutuhan akan dokumen perjalanan fisik seperti boarding pass dan paspor.

Singapura akan menggunakan kode QR untuk wisatawan yang akan masuk ke negaranya. Peraturan Singapura bebas paspor ini akan diberlakukan di semua loket di pos pemeriksaan Tuas dan Woodlands. Kedua pos ini  adalah penghubung antara Singapura dan Malaysia.

Pada tahap awal pemberlakuan, proses perizinan bagi wisatawan yang ingin  memasuki negara Singapura akan dibantu oleh petugas. Namun, sebelum melakukan perjalanan, kalian akan diminta untuk membuat profil serta kode QR individu atau grup melalui aplikasi MyICA menggunakan data dari paspor masing-masing.

Pada saat di pos pemeriksaan wisatawan bisa memindai sendiri kode QR tanpa harus menunjukkan paspor kepada petugas imigrasi. Selanjutnya, pihak petugas akan melakukan proses pemeriksaan wajah penumpang menggunakan data yang diperoleh dari scan kode QR tersebut.

7 Fakta Unik dan  Menarik Negara Singapura selain Bebas Paspor

singapura bebas paspor

Dengan adanya wawancara Singapura bebas paspor ini, pasti akan semakin banyak wisatawan yang datang ke negara tersebut. Namun sebelum mengunjungi negara ini, ada baiknya kalian ketahui dulu berbagai fakta menarik dari Singapura:

Bendera 

Bendera Singapura terlihat unik karena sekilas mirip dengan milik Indonesia. Negara ini terdiri mempunyai warrna bendera dari dua bagian mendatar dengan dua warna, yakni merah dan putih, namun terdapat bulan sabit putih dan lima bintang putih tepat di bagian merah di sebelah kiri atas bendera. 

Warna merah pada bendera Singapura melambangkan kesetaraan manusia dan persaudaraan. Sedangkan warna putih melambangkan kebajikan abadi dan kemurnian. Bulan sabit melambangkan negara berkembang, dan lima bintang melambangkan perdamaian, kemajuan, cita-cita demokrasi, keadilan, serta kesetaraan.

Fakta menarik dari Singapura bebas paspor lainnya adalah bahwa bendera Singapura wajib dikibarkan bulan Juli hingga September sebagai penghormatan Hari Kemerdekaan Singapura (National Day of Singapore) setiap 9 Agustus.

Bahasa 

Bahasa resmi negara Singapura adalah bahasa Inggris yang diwariskan pemerintahan kolonial Inggris. Akan tetapi dalam keseharian, masyarakat Singapura lebih banyak menggunakan bahasa Singlish yang merupakan kombinasi dari beragam bahasa, yaitu Inggris, Melayu, Hokkien, Kantonis, serta Tamil.

Bahasa Singlish sendiri sebenarnya termasuk bahasa informal dan sering digunakan sehari-hari. Menariknya, ada 27 kata bahasa Singlish yang masuk ke Oxford English Dictionary meski bukan termasuk bahasa resmi.

Ciri Khas 

singapura bebas paspor

Ciri khas negara Singapura adalah Patung Merlion yang sekaligus jadi simbol negara. Patung ini dibuat oleh Lim Nang Seng pada November 1971 dan selesai pada Agustus 1972. Fakta menariknya, bahwa ekor Merlion melambangkan Temasek, kota kuno yang artinya laut.

Bandara Internasional 

Singapura memiliki bandara bertaraf internasional yang diberi nama Changi Airport. Bandara yang menjadi gerbang Singapura bebas paspor ini termasuk dalam daftar bandar udara terbaik di dunia karena memiliki berbagai keistimewaan, salah satunya ada fasilitas rekreasi paling lengkap. 

Di bandara ini kalian bisa menemukan berbagai fasilitas mulai dari kolam renang dalam ruangan, hotel, bar, bioskop, area khusus istirahat, dan tempat tidur. Fakta menariknya, fasilitas ini dapat digunakan secara gratis.

Kebiasaan Berjalan Kaki 

Masyarakat Singapura dikenal sangat peduli akan kesehatan. Salah satu buktinya adalah kebiasaan masyarakat Singapura yang lebih memilih berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan. Hal ini juga didukung dengan tata kota dan desain ruang publik yang sangat baik. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini