Ucapan Selamat Imlek 2024 yang Penuh Makna dan Doa Baik

Memberikan ucapan selamat Imlek penting dilakukan karena bisa membuat momen lebih meriah. Perkembangan zaman membuatnya semakin penting kalian ketahui. Terutama karena dapat membagikannya pada berbagai platform online.

Baca Juga : 6 Kreasi Resep Kue Keranjang Imlek Rumahan yang Lezat

Kalian bisa membagikan melalui aplikasi percakapan dan media sosial. Tentu bisa juga menyampaikannya pada sanak keluarga saat melakukan perkumpulan. Karena bukan menjadi hal baru, pastikan untuk memberikan kata-kata yang tepat.

Imlek Menjadi Perayaan Penting pada Setiap Dinasti

Ucapan Selamat Imlek

Saat ini Imlek menjadi perayaan terpenting bagi kaum Tionghoa. Apalagi menjadi melam perhatian tahun yang sudah kalian nantikan sepanjang tahun. Tentu seringkali terdapat pesta kembang api dengan unsur tradisional Tiongkok.

Untuk awal mula ucapan selamat Imlek sendiri memiliki makna mendalam. Sedangkan Imlek sendiri berasal dari bahasa Hokkien yang berarti kalender bulan. Artinya menjadi masa tahun baru berdasarkan kalender bulan.

Selain itu berdasarkan kalender bulan, petani membutuhkan 29,5 hari dalam pergantian bulan. Selain itu 12 putaran bulan perlu 354 hari. Dalam pergantian tahun terdapat pergantian musim semi sebagai waktu bertani.

Faktanya adalah momen penting yang menjadi sejarah penting masyarakat Tionghoa. Bahkan telah memperingatinya sejak masa Dinasti Shang (1600-1046SM). Petani akan memberi korban pada dewa atau leluhur saat musim semi datang.

Sementara itu pada Dinasti Zhou (1046-256 SM) juga mempersembahkan korban. Umumnya masyarakat akan bercocok tanam maupun menyembah alam supaya panen lebih berkah. Pada era dinasti tersebut kemudian muncul istilah Nian.

Kemudian ucapan selamat Imlek berlanjut pada Dinasti Han (202SM dan 220M). Kalender bukan baru resmi menjadi hari raya Imlek dalam pemerintahan Kaisar Wu. Tentu masyarakat antusias karena terdapat seremonial khusus.

Selanjutnya pada Dinasti Jin (266-420 M) yang bukan hanya memberi persembahan tapi berkumpul bersama keluarga tercinta. Tapi lebih berkembang pada Dinasti Tang (618-907 M) karena muncul tradisi festival yang meriah.

Baru kemudian terdapat Dinasti Song (960-1279 M) di mana Kaisar Taizu mengenali bubuk mesiu. Kemudian memproduksi luas untuk kemeriahan Tahun Baru. Dulunya akan mengisi rongga bambu sehingga keluar kembang api.

Besarnya Makna Merayakan Tradisi Imlek

Ucapan Selamat Imlek

Makna mendalam pada ucapan selamat Imlek terbantu oleh dekorasi rumah yang menawan. Pastinya menjelang perayaan akan mengubahnya menjadi serba merah. Bahkan sebagai anjuran untuk segera mengubahnya menjadi warna merah.

Umumnya setiap pintu akan menjadi merah sehingga indah dan khas Tiongkok. Sebenarnya seringkali memberikan kalimat atau kata bijak pada berbagai tempat. Ucapan mendominasi dengan isi doa keberuntungan atau kesejahteraan.

Warna tersebut mendapatkan kepercayaan membawa hoki. Bukan hanya itu, tapi meraih kepercayaan bisa mengusir Nian atau makhluk buas dari gunung dan laut. Menurut mitosnya bakal keluar waktu tahun baru Imlek.

Kalian sebenarnya akan menemukan banyak mitos terdapat dalam perayaannya. Misalnya pantang makan bubur walaupun sering kalian makan saat pagi hari. Tentu menjadi tabu karena ternyata merupakan suatu simbol kemiskinan.

Memberikan ucapan selamat Imlek ternyata tidak cukup untuk doa atau harapan. Melainkan tidak boleh melanggar pantangan karena memberikan dampak buruk. Selain makan bubur, larangan konsumsi durian dan salak juga bermunculan.

Khususnya bagi kaum Tionghoa Indonesia karena memiliki kulit kasar serta berduri. Artinya tidak boleh menyajikannya karena menjadi gambaran hidup sulit. Bahkan menjadi lambang kesialan, tidak harmonis bahkan pertengkaran.

Tidak ketinggalan jangan sampai memberikan angpau pada orang yang belum menikah. Walaupun menjadi tradisi tapi tidak boleh memberikan pada sembarang orang. Jadi, hanya untuk keluarga yang berkeluarga, anak-anak dan lajang.

Ucapan Selamat Imlek dalam Berbagai Bahasa

Memberikan kata-kata saat Tahun Baru Imlek memiliki peran penting. Tidak heran akan kalian bagikan melalui media sosial, aplikasi chatting hingga kartu hadiah. Berikut ini ucapan kata selamat perayaan imlek terlengkap:

Bahasa Mandarin

Jika membahas tentang ucapan selamat Imlek pastinya kebanyakan memanfaatkan bahasa Mandarin. Terutama karena berasal dari sejarah dan tradisi Tiongkok. Berikut ini kata-kata mengenai Imlek menggunakan bahasa Mandarin:

  • Gōng xǐ fā cái (Selamat meraih kekayaan dan kemakmuran).
  • Xīn nián kuài lè (Selamat Tahun Baru).
  • Hóng bāo ná lái (Bawalah uang menggunakan angpau merah).
  • Zhù nǐ xīn nián xìng fú (Selamat Tahun Baru. Semoga selalu bahagia).

Bahasa Indonesia

Perkataan dalam bahasa Indonesia populer untuk orang gunakan. Kalian juga bisa menggunakannya apabila ingin mengucapkan kata-kata tentang tahun baru. Berikut ucapan selamat Imlek yang bisa kalian pakai dalam bahasa Indonesia:

  • Mari kita menyambut kedatangan Tahun Baru dengan senyum positif. Semoga dapat bahagia sepanjang tahun dan meraih kesejahteraan.
  • Selamat Tahun Baru semoga mendapatkan hujan keberuntungan dan keberkahan dalam masa mendatang.
  • Semoga keberuntungan dan kesuksesan selalu mengikuti jalan kehidupan dalam Tahun Naga.
  • Semoga hari mendatang semakin berkilau seperti sinar matahari. Berharap mendatangkan kehangatan, kebahagiaan dan kesuksesan masa depan.

Bahasa Inggris

Untuk perkataan dalam bahasa Inggris sendiri bisa kalian berikan dalam ucapan internasional. Terutama karena menggunakan bahasa yang banyak orang kuasai. Berikut ini kata-kata dalam bahasa Inggris untuk Imlek:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini