Resep Spaghetti Bolognese Rumahan yang Mudah Dibuat dan Lezat

Resep spaghetti bolognese adalah hidangan klasik terkenal di seluruh dunia. Dengan kombinasi daging sapi gurih, kaya akan saus tomat serta spaghetti lezat, hidangan ini telah berevolusi menjadi makanan favorit banyak orang.

Baca juga : Resep Nasi Liwet Rice Cooker Sederhana Enak Komplit & Mudah

Asal Resep Spaghetti Bolognese

Asal Resep Spaghetti Bolognese

Spaghetti bolognese adalah hidangan pasta terkenal di seluruh dunia. Namun, asal usul makanan ini sendiri berasal dari Italia. Kata bolognese merujuk pada saus daging yang digunakan dalam hidangan ini.

Spaghetti bolognese berasal dari kota Bologna di wilayah Emilia-Romagna, Italia. Kota ini memang terkenal dengan masakan tradisional Italia, seperti saus daging yang dikenal sebagai ragu. 

Rag├╣ bolognese, atau biasa disebut bolognese adalah saus daging yang terbuat dari daging sapi cincang, tomat, bawang, wortel, sosis serta ditambahkan rempah-rempah lain. 

Saus ini dimasak secara perlahan dalam waktu cukup lama untuk menghasilkan cita rasa kaya dan berlimpah. Meski spaghetti telah ada sejak lama di Italia, kombinasi spaghetti dengan saus bolognese menjadi populer pada abad ke-18 dan 19. 

Resep spaghetti bolognese kemudian menyebar ke luar Italia dan menjadi salah satu hidangan pasta paling terkenal. Namun, penting untuk diketahui bahwa versi spaghetti bolognese di luar Italia dapat berbeda dengan aslinya. 

Di Italia, hidangan ini biasa disajikan dengan tagliatelle atau pappardelle sebagai pengganti spaghetti . Selain itu, saus bolognese juga diolah dari berbagai variasi di berbagai negara, sehingga akan terdapat perbedaan rasa dan metode memasak.

Perkembangan Resep Spaghetti Bolognese

Seiring dengan penyebarannya di seluruh dunia, makanan ini mengalami berbagai perkembangan. Di luar Italia, variasi hidangan ini muncul dengan penyesuaian bahan dan metode memasak sesuai dengan selera lokal. 

Seperti di Amerika Serikat, saus bolognese memiliki tambahan bumbu seperti oregano atau basil, sementara di Britania Raya, saus ini dapat mencakup tambahan Worcestershire sauce.

Selain itu, resep spaghetti bolognese telah diadaptasi menjadi hidangan vegetarian dan vegan. Dalam variasi ini, daging sapi digantikan dengan bahan-bahan nabati seperti tempe, tahu atau seitan. 

Alternatif nabati ini memungkinkan orang yang tidak mengonsumsi daging untuk tetap menikmati rasa serta tekstur mirip dengan versi aslinya. Dalam beberapa tahun terakhir, spaghetti bolognese juga telah mengalami inovasi terbaru. 

Beberapa restoran dan koki mencoba menggabungkan konsep hidangan klasik dengan teknik dan presentasi modern. Ada yang menggunakan teknik molekuler untuk menciptakan gelembung saus tomat unik atau menghidangkan pasta dengan saus berbentuk es krim.

Selain itu, beberapa varian pasta lain juga telah digunakan sebagai pengganti spaghetti dalam hidangan bolognese. Penne, fusilli atau fettuccine digunakan untuk memberikan variasi tekstur dan mengubah pengalaman menyantap hidangan ini.

Kandungan Gizi Resep Spaghetti Bolognese

Spaghetti bolognese adalah hidangan pasta terdiri dari spageti dilengkapi dengan saus bolognese. Saus ini merupakan saus daging terbuat dari daging cincang, tomat, bawang serta rempah-rempah lainnya. 

Selain menjadi hidangan lezat, hidangan asal Italia ini juga menyediakan sejumlah kandungan gizi penting bagi tubuh. Berikut adalah informasi tentang kandungan gizi dalam resep spaghetti bolognese.

  1. Karbohidrat

Spageti sendiri terbuat dari tepung terigu yang merupakan sumber karbohidrat kompleks. Karbohidrat sendiri adalah sumber energi utama yang memberikan kekuatan serta stamina dalam tubuh. 

Makanan kaya karbohidrat juga dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah. Karbohidrat dalam spaghetti memberikan tenaga yang tahan lama dan membantu menjaga kenyang lebih lama.

  1. Protein

Saus daging dalam hidangan ini mengandung protein. Protein adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan, perbaikan, serta pemeliharaan jaringan tubuh. 

Hal ini juga penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat serta produksi enzim dan hormon. Protein juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu dalam proses metabolisme.

  1. Lemak

Saus daging juga mengandung lemak. Meski beberapa lemak diperlukan oleh tubuh, penting untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup. 

Pilih daging dengan kandungan lemak rendah untuk menjaga kesehatan jantung serta menghindari kelebihan kalori dalam tubuh Anda setelah menyantap resep spaghetti bolognese.

  1. Serat

Jika spaghetti menggunakan pasta gandum utuh, makanan ini juga dapat menyediakan serat. Serat membantu meningkatkan pencernaan, menjaga kesehatan usus serta mengatur kadar gula darah. 

Pilihan pasta gandum utuh lebih baik daripada pasta putih biasa karena mengandung serat yang lebih tinggi. Selain itu serat juga membantu dalam meningkatkan rasa kenyang.

  1. Vitamin dan Mineral

Spaghetti bolognese dapat memberikan sejumlah vitamin dan mineral. Tomat dalam saus misalnya, kaya akan vitamin C dan vitamin A. Daging juga mengandung zat besi, seng serta vitamin B kompleks yang penting untuk fungsi tubuh sehat.

Resep Spaghetti Bolognese Rumahan

Resep Spaghetti Bolognese Rumahan

Salah satu hidangan pasta ini memang sangat populer di seluruh dunia. Rasanya yang kaya dan teksturnya yang lezat membuatnya menjadi favorit di meja makan banyak orang.

Dalam artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda resep membuat hidangan ini yang dapat Anda coba di rumah. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini