SHARE
Gubernur Soekarwo saat launching kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di kantor BI Jl. Pahlawan

primaradio.co.id – Bank Indonesia Wilayah Jatim bekerjasama dengan beberapa perbankan memberikan pelayanan penukaran kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Kantor Gubernur Jawa Timur Jl. Pahlawan 110 Surabaya, tanggal 1 s.d. 3 Agustus 2018 pada pukul 09.00-14.00 WIB.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Drs. Benny Sampir Wanto, MSi, Selasa (31/7).

Untuk itu, lanjutnya, para ASN di jajaran Pemprov Jatim, baik biro, badan, maupun dinas agar memanfaatkan kegiatan ini. “Masyarakat juga diijinkan melakukan penukaran kartu GSN di Kantor Gubernur Jatim ini,” ujarnya.

Ditambahkan, GPN merupakan sistem yang mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional, dengan data nasabah yang semakin terlindungi karena pemrosesan transaksi dilakukan di dalam negeri. Selain itu, sekaligus mewujudkan ekosistem pembayaran non tunai yang interkoneksi dan interoperabel. Dengan demikian, melalui GPN terwujud layanan yang optimal, efisien, dan andal.

Menurut Benny, pelaksanaan GPN ini juga memberikan nilai tambah bagi Indonesia karena industri jasa keuangan Indonesia tidak harus membayar proses data kepada pihak atau lembaga di luar negeri. Oleh karena itu, GPN ini juga menjadikan industri perbankan tanah air menjadi lebih efisien.

Di Kantor Gubernur Jatim, sebanyak enam perbankan akan memberikan layanannya, yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Jatim, BCA, dan Bank Permata. Di Surabaya sendiri, terdapat 11 bank yang telah siap mendistribusikan kartu berlogo GPN ini.

Penukaran kartu ini, tambahnya, merupakan tindak lanjut peluncuran kartu berlogo GPN di wilayah Jatim tanggal 29 Juli 2018 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jatim oleh Gubernur Jatim Pakde Karwo. (*)