SHARE

primaradio.co.id – Alpukat bukan termasuk buah yang dipetik saat matang. Buah ini harus dimatangkan usai dipanen dan tak jarang proses pematangan berlangsung di rumah si pembeli. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk mematangkan buah alpukat di rumah.

Pertama, simpan di suhu ruang. Alpukat mentah punya tekstur yang keras sehingga jika ditekan menggunakan tangan bentuknya tidak berubah bahkan dagingnya tidak bergerak sedikitpun. Alpukat mentah seperti ini membutuhkan waktu empat hingga lima hari untuk membuatnya matang di suhu ruang. Suhu ideal untuk menyimpan alpukat mentah adalah 18 hingga 24 derajat Celsius. Kedua, simpan alpukat mentah dalam kantong kertas coklat bersama dengan sebuah apel merah atau sebuah pisang yang sudah matang. Cara ini bisa membuat alpukat matang lebih cepat. Gas etilen pada apel atau pisang secara alami bisa membuat alpukat matang lebih cepat, bahkan dua kali lipat dibanding hanya disimpan dalam suhu ruang.

Ketiga, cegah alpukat jadi coklat. Daging buah alpukat cepat teroksidasi sehingga membuat daging buahnya akan berubah menjadi kecoklatan sehingga tidak menarik lagi. Untuk mencegahnya, bisa memanfaatkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Percikkan sedikit air perasan lemon atau jeruk nipis pada alpukat yang sudah dibelah lalu tempatkan dalam wadah kedap udara. Simpan alpukat dalam lemari es, cara ini menjaga alpukat agar tetap berwarna hijau segar.