SHARE
Pemkot Surabaya terima bantuan 2 Bus dari Bank Mayapada (Foto: Alfi Purnomo)

primaradio.co.id – Bus milik Pemkot Surabaya kembali bertambah, Kamis(12/7), Pemkot Surabaya menerima bantuan CSR dari Bank Mayapada berupa dua bus tingkat. Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan bus tingkat ini nantinya akan dimanfaatkan menjadi moda transportasi pilihan untuk mahasiswa di Surabaya. Risma mengatakan bus tingkat baru ini akan digunakan menghubungkan 3 perguruan tinggi besar yang ada di Surabaya, namun dalam forum ini, Risma belum memastikan dari dan akan kemana rute bus baru tersebut.

“Kita lagi konekkan dan maunya disitu. Bus ini memang umum tapi lebih dikonekkan ke tiga perguruan tinggi besar untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Kan sayang, tinggal memetik hasil selama kuliah tiba-tiba kecelakaan,” kata Walikota Surabaya, Tri Rismaharini kepada wartawan usai menerima dua bus tingkat dari Datuk Sri Tahir di Balai Kota, Kamis (12/7).

Rencananya rute yang akan digunakan untuk bus ini adalah jalur yang menghubungkan antara tiga kampus besar, yaitu Kampus C Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Negeri Surabaya kampus Lidah Kulon.

Sementara itu, menanggapi rencana rute bus tingkat ini, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat mengatakan jarak penghubung antara beberapa kampus tersebut kurang lebih 31 Km, maka kemungkinan rutenya akan dipecah menjadi 2, melewati Wonokromo.

“Bila terlalu panjang akan dipecah dua, dari UNESA ke Joyoboyo – Joyoboyo ke ITS,” jelasnya.“Bila terlalu panjang akan dipecah dua, dari UNESA ke Joyoboyo – Joyoboyo ke ITS,” jelas Irvan Wahyu Drajat.

Ketika ditanya kapan akan dimulai pengoprasian bus dengan kapasitas 71 penumpang ini, Irvan mengatakan kemungkinan pengoprasian bus tingkat ini mulai bulan agustus,
Sementara itu dengan penambahan 2 armada bus baru ini, kini pemkot Surabaya telah memiiki 16 Bus, dengan rincian 10 Bus Low Deck dan 4 Bus Suroboyo.

Selain itu, dalam acara penyerahan bus tingkat itu, CSR Bank Mayapada juga memberikan bantuan uang sebesar 5 miliyar untuk digunakan pemkot dalam bidang pendidikan. (alf/bee)