SHARE

primaradio.co.id – Dinas Pendidikan Kota Surabaya memastikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bisa dilaksanakan 100 persen di kota Surabaya.

Meski demikian, belum semua sekolah di Surabaya bisa menerapkan UNBK karena sejumlah sekolah masih menumpang sekolah terdekat atau sekolah lain yang masih berada dalam naungan satu yayasan. Hal ini berlaku baik bagi SMA/SMK yang masih memakai komputer di SMP atau sebaliknya.

Hal ini mengingat, tahun lalu pemakaian komputer antar jenjang ini menjadi bermasalah saat jadwal Ujian Sekolah tingkat SMP bersamaan dengan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK.

Untuk itu, tahun ini Dindik Kota Surabaya sudah memikirkan beberapa formulasi untuk mengantisipasi benturan jadwal antara UNBK SMA/SMK dengan ujian sekolah di tingkat SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan menjelaskan bahwa tahun lalu karena masih US, maka wewenang jadwalnya masih di lingkup Dindik Kota Surabaya. Sehingga sekolah yang pemakaian komputernya bertabrakan, untuk tingkat SMP bisa ditunda pelaksanaannya dengan mengajukan perizinan ke Dindik Kota Surabaya.

“Surabaya dari dulu sudah siap dengan komputer 100 persen. Kami akan tunggu jadwalnya tahun ini apakah bersamaan atau tidak,” kata Ikhsan.

Ikhsan mengaku akan berkoordinasi dengan Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemensikbud) agar jadwal USBN SMP tidak berbarengan dengan UNBK SMA/SMK. (*)

sumber : surya