SHARE

primaradio.co.id – Kurang dari 60 hari lagi, pemerintah akan menghadapi lonjakan harga ketika memasuki bulan puasa. Beberapa harga bahan kebutuhan pokok seperti bawang dan cabai diprediksi akan mengalami kenaikan yang signifikan. Sehingga, saat ini Kemendag tengah menyusun strategi menghadapi kenaikan harga saat bulan puasa.

Menurut Menteri Perdagangan Thomas Lembong, mengatakan bahwa upaya pencegahan kenaikan harga ini telah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Salah satunya adalah pemerintah tengah berupaya untuk mendorong peningkatan nilai investasi pada sektor perdagangan. Investasi ini akan digunakan pada sektor pergudangan sehingga dapat meningkatkan daya penyimpanan hasil panen pangan di Indonesia.

Thomas juga menambahkan, Kemendag juga telah menegaskan agar Badan Urusan Logistik (Bulog) dapat segera membeli beras bagi para petani yang tengah memasuki musim panen raya. Sehingga, harga beras dapat dikendalikan sepenuhnya oleh pemerintah. Bulog juga diminta dapat berinvestasi pada sektor dryer. Sehingga, daya simpan beras bagi para petani dan Bulog dapat semakin meningkat.(zum/nji)