SHARE

primaradio.co.id – Hujan deras yang mengguyur Kota surabaya membuat sejumlah wilayah setempat lumpuh karena terendam banjir. Banjir terpantau melanda hampir di setiap wilayah, dari Surabaya bagian Timur, utara, hingga selatan.

Di Bagian Timur, Banjir menggenang di Jalan Tambaksari depan Stadion Tambaksari. Hujan yang mengguyur sejak pukul 11.00 WIB siang tadi juga mengakibatkan genangan di daerah sekitar Jalan Ngagel Jaya Selatan, Gayungsari Barat, depan pertokoan RMI Bratang, Jalan Kusuma Bangsa dan Jalan Ngaglik. Daerah ini menjadi yang terparah dengan ketinggian banjir mencapai 30 cm.

Mengarah ke Selatan, air juga menggenang di Jalan Mangkunegoro, depan RSI Ahmad Yani dan di bawah layang Mayangkara. Sementara di daerah Karah, bahkan sempat terjadi pohon tumbang akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut.

Akibat banjir ini, Pemkot surabaya langsung mengerahkan 56 Rumah Pompa. “56 rumah pompa sudah kita nyalakan sejak hujan turun sekitar pukul 11.00 Wib tadi,” kata Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati.

Menurut Erna, banjir yang terjadi di Surabaya kali ini disebabkan tingginya intensitas hujan dan banyaknya proyek box culvert yang belum selesai.

Erna juga mengklaim, pihaknya telah menyalakan semua pompa air yang dimiliki Pemerintah Kota surabaya untuk mengatasi banjir di beberapa wilayah. “Rata rata rumah pompa yang ada kapasitasnya sudah kita tingkatkan menjadi 30-40 m3/detik yang sebelumnya hanya 10-20 m3/detik,” tandasnya. (joe)

sumber : detik.com