SHARE

primaradio.co.id – Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk biaya pendidikan gratis bagi jenjang SMA/SMK di sejumlah daerah. Tercatat untuk kota Surabaya, unit cost yang harus disiapkan pemerintah sekitar Rp 3,2 juta per siswa per tahun. Jumlah itu juga ditanggung oleh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Rp1,4 juta per siswa per tahun dan Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (Bopda) Rp1,8 juta per siswa per tahun.

Jika mengacu unit cost ini, maka Jawa Timur membutuhkan anggaran mencapai Rp 3,5 triliun. Anggaran tersebut akan digunakan untuk 1,1 juta lebih jumlah peserta didik SMA/SMK di Jawa Timur.

Menurut Kepala Dindik Jawa Timur, Saiful Rachman mengatakan bahwa untuk menetapkan unit cost pendidikan perlu range atas dan bawah. Sebab, kebutuhan biaya antar daerah satu berbeda-beda. Hal ini cukup berbeda dengan mekanisme pencairan BOS yang berlaku sama rata. Dihitung per siswa sebesar Rp1,4 juta per tahun di manapun daerahnya.

Saiful juga menambahkan, jika ingin pendidikan gratis tetap ada, daerah diminta mengalokasikan anggaran untuk SMA/SMK. Selanjutnya, anggaran tersebut diserahkan Dindik Jatim dan akan disalurkan ke sekolah-sekolah.