SHARE

primaradio.co.id – Prediksi cuaca buruk yang terjadi, BMKG menghimbau agar masyarakat Surabaya tetap waspada.

Menurut Kasi Informasi dan Data BMKG Juanda, Bambang Setiajid mengatakan bahwa akan muncul fase basah dari fenomena Madden Julian Oscillation (MJO). Fase basah ini memasuki wilayah maritim kontinen dalam hal ini Indonesia. Sementara daerah pertemuan massa udara terpantau terbentuk di sekitar Jawa hingga NTT.

Diperkirakan seminggu kedepan potensi hujan akan semakin meningkat khususnya di Jawa hingga Nusa Tenggara. Hal ini lantaran adanya daerah tekanan rendah di utara Australia yang memberikan pengaruh tidak langsung terhadap daerah di Indonesia. Dimana hujan ini cenderung berpeluang terjadi pada pagi dan muncul kembali pada sore hari. Intensitas hujan ini bervariasi antara sedang sampai lebat.

Bambang juga menambahkan, bagi wilayah yang rawan terdampak pada kejadian banjir, tanah longsor, pohon tumbang, bandang, hingga longsor di dataran tinggi diminta ekstrawaspada. Termasuk kepada seluruh pengelola dan pengguna jasa transportasi baik darat, laut maupun udara agar lebih siaga.

Pada pengelola bandara, pelabuhan, dan terminal sekalipun untuk selalu memperbarui informasi cuaca terkait ancaman cuaca ekstrim. (zum/nji)