SHARE

primaradio.co.id – Seakan sudah menjadi budaya, libur panjang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk traveling ke suatu tempat wisata. Banyak alternatif kendaraan yang bisa menuntun travelers untuk sampai ke lokasi tujuan, salah satunya menggunakan sepeda motor.

Bagi travelers yang berniat mengendarai sepeda motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya,

Pertama, cek kondisi motor. Pastikan motor dalam keadaan prima. Cek semuanya mulai dari ban, rem, oli, dan lainnya. Kalau tidak paham soal motor, bisa membawanya ke bengkel langganan untuk mengecek itu semua. Ingat, kondisi motor berpengaruh pada keselamatan, jadi jangan disepelekan. Kedua, menentukan waktu berlibur jauh-jauh hari untuk menjaga stamina. Sebab, mengendarai motor membutuhkan waktu dan tenaga. Jadi, perhitungkan baik-baik. Ketiga, tentukan waktu perjalanan. Perhitungkan jarak tempuh perjalanan dari rumah menuju lokasi. Jika jaraknya cukup jauh dan tidak memungkinkan untuk dicapai dengan cara berkendara nonstop, maka rencanakan tempat istirahat. Pilihlah lokasi istirahat yang strategis. Jangan melakukan perjalanan pada malam hari karena selain gelap, malam hari cukup rawan bagi pengendara motor.

Keempat, safety gear dan perlengkapan penting lainnya. Selain helm, jaket tebal, sepatu yang aman, akan lebih bagus kalau menggunakan protektor pada siku dan lutut. Persiapkan selalu jas hujan dan tool kits pada bagasi motor. Untuk barang bawaan, bawa secukupnya. Dan terakhir, ajak teman yang bisa mengendarai motor. Karena hal ini sangat membantu dan bisa bergantian mengendarai motor. (zum/nji)