SHARE

primaradio.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim memastikan kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Jatim yang akan berlangsung pada 27 Juni mendatang.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan, semua tahapan sudah berjalan sesuai prosedur, mulai dari tahapan sosialisasi, kampanye, sampai distribusi logistik.

“Semuanya sudah berjalan sesuai tahapan yang ditetapkan. Baik itu terkait kampanye, pengadaan logistik, sampai distribusi logistik, ungkap Eko Sasmito disela-sela Bimbingan Teknis Media terkait “Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur 2018” di Premier Place Juanda Jumat (8/6).

Sementara terkait dengan pemilih tambahan yang kemungkinan belum tercatat di DPT, Eko mengatakan mereka yang dikategorikan sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tetap memiliki hak pilih dan bisa mencoblos di TPS tempat tinggal.

“Dengan syarat membawa e-ktp atau surat keterangan kalau e-ktpnya belum jadi, “tambah Eko. Waktu pencoblosan diatas jam 12 sampai jam 13 siang.

Disisi lain, Komisioner KPU Jatim Choirul Anam menambahkan, bagi pemilih yang ingin pindah TPS karena kesibukan pekerjaan atau hal lainnya juga dapat mengurus surat pemberitahuan pindah TPS ke KPU setempat agar mendapat form A5. Nantinya data akan dikirimkan ke panitia Pemungutan Suara (PPS) di TPS yang diinginkan.

“Syaratnya datang sendiri dengan membawa e-ktp, dan pengajuan hanya sampai tanggal 23 Juni 2018, “ujar Choirul Anam. (bee)