SHARE
Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi (kiri) dan Komisioner KPU Surabaya Soeprayitno (kanan) Foto: Wildan/primaradio

primaradio.co.id – Tahapan Pilkada Serentak 2020 Kota Surabaya sudah memasuki tahapan penetapan paslon yang akan bertarung dalam Pilkada 2020.

Pada Rabu 23 September 2020 KPU Kota Surabaya resmi menetapkan dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan penetapan dilakukan melalui rapat pleno penetapan paslon. Adapun kedua paslon dinyatakan telah memnuhi syarat setelah dilakukan verifikasi administrasi dan kesehatan. Kedua paslon yang ditetapkan adalah Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman.

“Hasil rapat pleno penetapan -paslon memutuskan kedua bapaslon kami tetapkan sebagai paslon dalam Pilwali Surabaya 2020, “kata Nur Syamsi kepada reporter Primaradio Rabu (23/9/2020).

Lebih lanjut Nur Syamsi menambahkan, penetapan paslon kali ini dilakukan dalam masa pandemi Covid-19 sehingga dilakukan rapat pleno internal.

“Kami menambil sikap penyampaian hasil keputusan langsung ke alamat poskonya. Kami mencoba menghindari kerumunan, “tambahnya.

Setelah penetapan paslon, pada Kamis (24/9/2020) akan dilakukan pengundian nomor urut.

Komisioner KPU Kota Surabaya Soeprayitno mengatakan pengundian nomor urut paslon akan dilakukan di salah satu hotel dikawasan Surabaya Selatan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Mulai pukul 12.00 hingga selesai. Seperti halnya pendaftaran paslon sebelumnya, kita mengedepankan koordinasi dengan satgas Covid-19 Kota Surabaya. Dimana dari semula berencana menyelenggarakan di dalam hall, atas saran satgas pengundian akan dilakukan di luar ruangan.

Adapaun KPU Kota Surabaya juga membatasi jumlah orang yang hadir dalam pengundian nomor urut paslon. Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi menjelaskan dalam proses pengundian, bapaslon wajib hadir.

“Paling banyak enam orang termasuk paslon. Jadi pason dua orang wajib hadir, satu tim penghubung, satu orang tim kampanye, paling banyak dua orang dari parpol atau gabungan parpol pengusung, “pungkasnya. (bee)