SHARE

primaradio.co.id – KTT ASEAN Plus Three (ASEAN+3) yang terdiri dari sepuluh negara anggota ASEAN bersama Jepang, China, dan Korea Selatan akan menyepakati dua dokumen penting saat para pemimpin dari ke-13 negara tersebut bertemu dalam Peringatan 20 Tahun ASEAN Plus Three, di Manila pada 14 November 2017.

Dalam pertemuan itu, para pemimpin ASEAN Plus Three akan mengeluarkan dua dokumen penting, yaitu Deklarasi Manila tentang Peringatan 20 Tahun Kerja Sama ASEAN Plus Three dan Pernyataan Bersama Pemimpin ASEAN Plus Three tentang Kerja Sama Ketahanan Pangan.

Kedua dokumen itu mewakili visi dan prioritas kerja sama ASEAN Plus Three dan keinginan bersama negara-negara APT untuk kepentingan rakyat.

Para pemimpin ASEAN Plus Three berkeinginan untuk mencapai pembangunan sebuah komunitas yang lebih luas, yakni Komunitas Ekonomi Asia Timur, dengan memperkuat dasar kerja sama regional.

Dalam pertemuan puncak itu, para pemimpin ASEAN, Jepang, China, dan Korea Selatan akan meninjau kerja sama ASEAN Plus Three dan membahas arah masa depan kerja sama itu sehubungan Rencana Kerja APT 2018-2022 yang belum lama ini diadopsi negara anggota APT.

Selain itu, para pemimpin APT juga akan bertukar pandangan mengenai beberapa isu regional dan internasional yang berkaitan dengan hubungan perdagangan dan investasi, lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, serta masalah-masalah terkait kesejahteraan masyarakat. (*)

sumber : antara