SHARE
foto : perkebunannews.com

primaradio.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, pemerintah berkomitmen menjaga angka inflasi tetap sesuai target selama periode Ramadan dan Lebaran.

“Inflasi itu tidak berarti di tengah bulan berapa, di akhir bulan bisa turun,” ujar Darmin, di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat, 26 Mei 2017.

Berdasarkan catatan survei Bank Indonesia (BI), inflasi hingga pekan ketiga Mei berada di kisaran 0,3-0,4 persen. Darmin mengatakan, pemerintah tetap akan berupaya menjaga target tahunan inflasi yaitu 4 plus minus 1 persen. Pihaknya juga ingin di Ramadan ini harga tidak melonjak dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, meskipun saat ini sudah ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga.

Namun, Darmin enggan berkomentar banyak terkait dengan hasil survei BI , mengingat saat ini belum meliputi keseluruhan bulan. “Saya belum mau ngomentari ini naik sedikit, tunggu saja sampai akhir bulan.”

Menurutnya, survei inflasi yang dilakukan BI itu lebih dimaksudkan untuk mencoba mendeteksi dan memeriksa beberapa barang untuk menduga atau memprediksi inflasi. Sebagai bentuk upaya menjaga tingkat inflasi, Darmin sore ini mengagendakan rapat koordinasi pengendalian inflasi menjelang Ramadan, bersama dengan Menteri Keuangan dan Gubernur BI di kantornya.

Sumber : Tempo