SHARE
Ilustrasi

primaradio.co.id – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan telah memilih sekelompok astronaut untuk program Artemis ke Bulan pada 2024. Kelompok astronot yang dipilih untuk mendarat dan menjalankan misi di Bulan berjumlah 18 orang.

Tak hanya pria, NASA juga memilih wanita untuk masuk ke dalam tim dalam program tersebut. Mereka masuk ke tahap seleksi untuk menjadi astronaut ke Bulan. Ini menandakan babak baru perjalanan NASA ke Bulan sejak mendaratkan manusia di Bulan pada 1972.

Melansir National Geographic, Kamis (10/12), NASA berjanji bahwa seorang astronaut wanita pertama akan menekan sepatu botnya di Bulan lewat penerbangan Artemis perdana. Sejauh ini belum ada wanita yang melakukan perjalanan ke Bulan.

“Tujuan kami adalah pergi ke bulan secara berkelanjutan, untuk belajar bagaimana hidup dan bekerja di dunia lain,” kata Administrator NASA Jim Bridenstine. Dari 18 astronaut yang terpilih, sembilan adalah wanita dan salah satu dari mereka yang beruntung akan menginjakkan kakinya di Bulan.

Beberapa astronaut diketahui telah memiliki pengalaman terbang ke luar angkasa, seperti Christina Koch, yang baru saja mencetak rekor untuk penerbangan ruang angkasa berdurasi terpanjang untuk seorang wanita, serta Victor Glover dan Kate Rubins yang saat ini berada di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Sisanya adalah pemula, sebagian besar diambil dari kelas astronaut 2013 dan 2017. (bee)

Sumber: CNN Indonesia