SHARE

primaradio.co.id – Salah satu agen properti yang beroperasi di Surabaya dan Malang mencatat penjualan properti hingga Rp 1,2 triliun sepanjang tahun 2015.

Menurut Managing Director Pro/Max, Lucky mengatakan bahwa angka itu menunjukkan bahwa antusias masyarakat Jawa Timur, terutama Surabaya tetap tinggi dalam berinvestasi di sektor properti. Angka tersebut bukan hanya berasal dari end user, tapi juga dari sejumlah investor. Mereka seolah lama tertidur, dan kini mulai bangun dan mengucurkan investasinya di bidang properti.

Lucky juga menambahkan, dari capaian tersebut, kontribusi penjualan properti primer paling mendominasi, mencapai 70 persen. Dan properti yang paling laris di Surabaya adalah hunian dengan harga pada kisaran Rp 500 juta. Dikatakannya pasar property di Surabaya sudah hampir menyamai Jakarta. Masyarakatnya sudah mulai open dan lebih cerdas dalam memilih hunian.

Ini terbukti lewat penjualan landed home (perumahan konvensional) dengan high rise (apartemen), prosentasenya 50:50. Sementara, di Jakarta sudah lebih modern, landed home dan high rise prosentasenya sudah 30:70.