SHARE
Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jawa Timur I Heru Budhi Kusumo (Foto: Beatrix Christiana)

primaradio.co.id – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur (Kanwil DJP Jawa Timur I) menargetkan penerimaan Pajak sebesar 46,9 Trilyun sepanjang 2018. Dari target 46 triliun ini, sampai bulan Mei 2018 sudah tercapai sekitar 34 persen atau sebesar 16 triliun rupiah. Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jawa Timur I Heru Budhi Kusumo mengatakan, ada pertumbuhan penerimaan pajak sebesar 11 persen dibanding dengan bulan yang sama pada tahun lalu.

“Kalau target kan secara keseluruhan kami mendapatkan 46,8 triliun. Itu yang harus kami capai selama Januari-Desember 2018. dan sampai dengan bulan Mei ini, kami sudah mencapai diangka 34 persen, kalau kita bandigkan dengan Mei tahun lalu kita sudah tumbuh 11 persen,”kata Heru kepada reporter Primaradio.

Sementara itu terdapat lima sektor pembayar pajak terbesar di Surabaya yang ikut menyumbang peningkatan penerimaan pajak, yakni sektor industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, jasa keuangan dan asuransi, transportasi dan pergudangan serta jasa konstruksi.

Heru juga mengajak seluruh masyarakat yang menjadi wajib pajak agar meningkatkan kesadaran membayar pajak, agar target penerimaan lebih cepat tercapai. Heru mengilustrasikan dengan satu juta uang pajak, masyarakat menjadi lebih mudah mengetahui bagaimana uang pajak seharusnya dimanfaatkan. Baik itu disalurkan untuk transfer dana ke daerah, pendidikan, kesehatan, pelayanan umum, ekonomi, pertahanan, dan pariwisata. (bee)