SHARE

primaradio.co.id – Rumah susun sewa (rusunawa) yang dikhususkan bagi warga Surabaya yang belum memiliki rumah ternyata disalahgunakan. Kenyataannya, tak semua penghuni rusunawa berasal dari kalangan tidak mampu. Padahal seharusnya, untuk bisa tinggal di sini calon penghuni harus melampirkan kartu identitas, kartu keluarga (KK), dan surat keterangan tidak memiliki rumah.

Menurut salah satu Penghuni Rusunawa Penjaringan III, yang tidak mau disebutkan namanya, mengakui bahwa beberapa dari penghuni di rusun ini sudah mampu mandiri. Mereka ada yang sudah memiliki tanah, tetapi tidak membangun tanah itu untuk rumah. Justru tanah itu disewakan kepada orang lain, dan pemiliknya tinggal di rusunawa. Selain itu, ada penghuni lain yang memiliki dua mobil, yang diparkir di rusunawa. Padahal, penghuni rusunawa dilarang membawa mobil.

Pihaknya juga menambahkan, ada penghuni yang memfungsikan rusunawa seperti villa. Setiap harinya, hunian di rusunawa tidak pernah ditempati. Dan mempercayakan rusunawa kepada penghuni lain. Penghuni ini hanya datang pada hari tertentu, seperti saat liburan atau ada waktu longgar. Diharapkan ada tindakan tegas petugas, penghuni seperti ini bisa dikeluarkan dari rusunawa. Rumahnya bisa diberikan kepada warga tidak mampu yang sudah antre. (Zum/Nji)