SHARE

primaradio.co.id – Menanggapi penutupan operasional PT Ford Motor Indonesia di Indonesia, Keementrian Perindustrian menyatakan pabrikan asal Amerika Serikat tersebut hanya menjual saja di Indonesia tanpa adanya aktivitas produksi.

Menurut Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan bahwa mendapatkan konfirmasi penutupan operasional Ford tersebut melalui surat elektronik yang diterimanya Senin (25/1) sore dengan judul Pengumuman Operasi Bisnis Ford Motor Indonesia. Dalam surel tersebut, pihak Ford menyampaikan akan tetap berkomitmen untuk melayani pasar global sekaligus merestrukturisasi secara agresif bagian-bagian bisnis yang tidak memiliki jalur beralasan dalam mencapai pertumbuhan penjualan dan keuntungan yang berkesinambungan. Khususnya di negara-negara, di mana dinamika pasar yang ada tidak memungkinkan Ford untuk dapat bersaing secara efektif.

Putu juga menambahkan, Ford melakukan penutupan karena tidak ada jalur menuju keuntungan yang bersinambungan di Indonesia. Oleh karena itu, mobil asal Amerika Serikat tersebut akan menghentikan seluruh operasi di Indonesia sebelum akhir tahun 2016 dan mengkonsentrasikan sumber daya yang ada di tempat lain.