SHARE

primaradio.co.id – Posisi tidur ternyata berpengaruh terhadap kesehatan. Seperti diantaranya, posisi tidur tengkurap, telentang, miring ke kiri atau ke kanan, masing-masing bisa memengaruhi kerja organ-organ di dalam tubuh. Tidur hadap kiri, contohnya, ditemukan bisa membantu buang air besar menjadi lancar.

Menurut praktisi Ayurveda untuk LifeSpa.com, dr John Douillard DC mengatakan bahwa organ pencernaan adalah beberapa dari bagian tubuh yang diuntungkan karena posisi tidur menghadap kiri. Selain itu, tidur menghadap kiri juga mampu memudahkan kerja detoksifikasi limpa. Sistem limfatik yang bekerja dengan dukungan denyut jantung memiliki organ terbesar yang disebut spleen. Organ ini terletak di belakang perut sebelah kiri. Ketika tidur menghadap kiri, organ ini akan diuntungkan karena gravitasi. Darah akan lebih mudah mengalir ke organ tersebut, sehingga penyaringan racun atau detoksifikasi lebih efektif.

Keuntungan selanjutnya adalah, mampu meningkatkan kerja pencernaan. Tidur miring ke kiri membuat lambung dan pankreas menggantung secara alami. Dengan demikian, produksi enzim pankreas menjadi maksimal dan pergerakan makanan di sistem pencernaan akan menjadi lebih mudah. Selain itu juga akan membantu proses pembuangan kotoran. Usus besar akan menampung kotoran di bagian usus besar menurun yang terletak di sebelah kiri. Ketika bangun tidur, lalu minum air, kotoran akan mudah dikeluarkan. Terakhir, mampu meningkatkan fungsi jantung. Posisi tidur dengan tubuh di sebelah kiri bisa mengurangi beban kerja jantung karena pompa darah ke tubuh dibantu oleh gravitasi. Sirkulasi darah ke jantung juga bisa meningkat, karena beban pembuluh darah untuk mengambil darah ke jantung berkurang.