SHARE

primaradio.co.id – Presiden Joko Widodo luncurkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 23 tahun 2018 tentang pajak penghasilan Usaha Mikro Kecil Menengah di Jatim Expo pagi tadi(22/6).

PP ini merupakan revisi dari peraturan pemerintah nomor 46 tahun 2013. dan akan mulai efektif per 1 juli 2018 mendatang.

Peraturan Pemerintah nomer 23 tahun 2018 ini merubah beberapa peraturan sebelumnya di PP 46, antara lain penurunan tariff PPh Final dari 1% menjadi 0,5 % dari omset, yang wajib dibayarkan setiap bulannya. Kemudian juga mengatur jangka waktu pengenaan tarif PPh Final 0,5%.

Selain itu peraturan ini juga dimaksudkan untuk mendorong pelaku UMKM agar lebih berperan aktif dalam kegiatan ekonomi formal, memudahkan para pelaku UMKM dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, lebih memberikan keadilan, memberikan kesempatan para pelaku UMKM berkontribusi bagi Negara.

Dalam Sambutannya Presiden Joko Widodo mengatakan tujuannya menurunkan tariff PPh Final bagi UMKM ini ialah agar Usaha Mikro ini dapat tumbuh, dan menjadi level yang lebih besar.

Penurunan tarif PPh final menjadi 0,5% ini disambut sangat baik oleh para pelaku UMKM karena dianggap lebih meringankan.

Sementara itu, dalam acara peluncuran ini, Presiden Jokowidodo juga berpesan kepada semua para pelaku UMKM agar terus mengikuti perubahan jaman agar tidak tertinggal dan terus dapat berkembang disbandingkan Negara-negeara yang lain. Salah satunya dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada, seperti Smartphone maupun media sosial.

Presiden Joko Widodo juga melanjutkan kunjungan kerjanya di wilayah Jawa Timur ini dengan meresmikan Ruas Jalan Tol Gempol – Rembang Seksi 2 yang memilki panjang 6,6 KM. (alf/bee)