SHARE

primaradio.co.id – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak saat ini tengah fokus untuk meningkatkan penerimaan perpajakan pada berbagai sektor. Salah satunya adalah pada sektor e-commerce asing seperti Facebook, Google, Twitter dan Yahoo.

Menurut Menteri Perdagangan, Thomas Lembong mengatakan bahwa pemerintah masih mengalami kendala mengenai strategi untuk menarik pajak e-commerce di Indonesia, salah satunya adalah bebasnya pelaku usaha asing untuk menjual barang dagangan pada setiap situs. Kedepan pemerintah berjanji akan bekerja lebih keras agar bersikap adil terhadap dunia usaha dalam negeri. Sebab, pengusaha dalam sektor e-commerce dalam negeri akan mengalami kendala apabila pajak yang rencananya akan diterapkan pada sektor ini hanya ditetapkan bagi pelaku usaha dalam negeri.

Thomas juga menambahkan, dalam sektor e-commerce tersebut asing dapat dengan bebas menjual barang tanpa adanya pajak tertentu. Hal tersebut diyakini mematikan pasaran dalam negeri yang menjajakan barang secara off line. (zum/nji)