SHARE
Foto: Kompas

primaradio.co.id – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR akan membuka tiga ruas tol fungsional sepanjang 85 kilometer di Tol Transjawa yang bisa dilintasi pemudik untuk persiapan Lebaran 2018.

Usai Rakor Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (30/1), Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna, mengatakan ketiga tol yang akan dibuka secara fungsional, yakni Pemalang-Batang sepanjang 23 km, Salatiga-Solo 32 km dan Ngawi-Kertosono sekitar 30 km.

“Pada saat lebaran nanti, lalu lintas bisa sampai ke Surabaya tentu nanti ada yang sudah beroperasi, ada yang sifatnya fungsional. Fungsional ini sudah sampai perkerasan jadi lebih nyaman jalannya,” kata Herry.

Herry menjelaskan dengan difungsikannya tiga ruas tol sepanjang 85 km tersebut, pemudik bisa mengakses tol dari Jakarta sampai Surabaya.

Meski ketiga tol tersebut merupakan tol fungsional, BPJT memastikan perkerasan sampai pada pengaspalan sehingga lebih nyaman dilintasi pengendara dibandingkan jalan tol darurat pada Lebaran tahun lalu.

Pada April mendatang, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR dan Kapolri berencana melakukan kunjungan di jalur-jalur angkutan lebaran, termasuk tiga ruas tol fungsional tersebut.

Selain memastikan akses keluar tidak menimbulkan kemacetan, BPJT juga menyiapkan “rest area” di tol tersebut. Untuk mengantisipasi antrian masuk di gerbang tol, BPJT menyediakan petugas tol yang mengoperasikan “mobile reader” dan menyiapkan fasilitas pembelian serta isi ulang kartu elektronik.

Ada pun Kementerian Perhubungan dalam Rakor Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 menetapkan posko lebaran dibuka mulai 7 Juni sampai 24 Juni untuk mengantisipasi lonjakan pemudik kembali ke kampung halaman. (bee)

Sumber: Antara