SHARE

primaradio.co.id – Pemerintah Kota Surabaya menyatakan jumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Surabaya tumbuh lebih dari 300 persen. Saat ini, Surabaya telah memiliki sekitar 3.000 UKM dari total UKM pada tahun 2010 sebesar 92 UKM.

Menurut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa selama ini masyarakat Surabaya dididik untuk dapat mandiri. Sehingga, masyarakat dapat secara mandiri melakukan kegiatan perekonomian tanpa harus bergantung pada lowongan pekerjaan. Selain itu, cara ini diyakini mampu mengatasi jumlah pengangguran di kota pahlawan tersebut.

Risma juga menambahkan, pertumbuhan UKM berbanding terbalik dari total investasi di Surabaya. Akibat perlambatan ekonomi, investasi di Surabaya cenderung fluktuatif dalam dua tahun terakhir. Namun hal ini mampu diatasi oleh pertumbuhan sektor UKM yang justru meningkat dalam lima tahun terakhir. Pertumbuhan investasi di Surabaya naik di 2014 sebesar 7 persen, di 2015 turun seperti perekonomian nasional, tapi pada awal tahun ini naik sekitar 6 persen.