SHARE
Rektor Unitomo, Bachrul Amiq,meresmikan Pusat Studi pelayanan dan Kebijakan Publik Unitomo (Foto: Alfi Purnomo)

primaradio.co.id – Memperingati Dies Natalisnya ke-37, Universitas dr Soetomo(Unitomo) dirikan Pusat Studi pelayanan dan Kebijakan Publik. Pusat Studi Layanan dan kebijakan publik ini baru saja diresmikan langsung oleh Rektor Unitomo, Bachrul Amiq, Kamis (19/7).

Bachrul Amiq mengatakan salah satu alasan didirikannya Pusat Studi Layanan dan Kebijakan Publik adalah masih maraknya pungli dan penyimpangan kebijakan publik sehingga masih banyak yang perlu di perbaiki dan di tingkatkan.

“Pusat studi kebijakan dan layanan publik, kita melihat bahwa perlu ada peningkatan layanan publik di Indonesia ini. Karena kita tau layanan publik kita ini sarat dengan pungli dan penyimpanan-penyimpangan yang dilakukan aparat yang mestinya melayani, kata Rektor Unitomo setelah meresmikan Pusat Studi layanan dan kebijakan publik, Bachrul Amiq Kamis (19/7).

Untuk itu, sebagai konsen dari pendidikan tinggi, Unitomo ingin ikut berpartisipasi dalam melakukan studi-studi yang lebih mendalam tentang bagaimana layanan publik dilakukan dan apa yang harus diperbaiki untuk layanan publik.

Peresmian Pusat Studi Layanan dan Kebijakan Publik ini sekaligus berbarengan dengan acara bedah buku Reformasi Birokrasi Administrasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Mobile Technology Karya Dr.Aris Sunarya., M.Si. Dalam acara peresmian ini juga sekaligus diumumkan bahwa Dr. Aris Sunarya ditunjuk sebagai Ketua Pusat Studi Pelayanan dan Kebijakan Publik.

Sementara itu ketika ditanya tentang harapannya, Rektor Unitomo tersebut sangat optimis dengan kepemimpinan Aris Sunarya dalam menggerakkan Pusat Studi Layanan dan Kebijakan Publik, karena Aris Sunarya dinilai memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang ini, terlebih sosok Aris Sunarya punya pengalaman di PDE kalau di Bapemda.

“Harapan saya dibawah kepemimpinan pak Aris maka pusat studi ini tidak jalan ditempat tapi running cepat utk bisa membuat program-program yang bisa kita tawarkan ke pemerintah terutama di institusi pelayanan untuk meningkatkan peformanya layanannya berbasis IT”, ujar Rektor Unitomo tersebut.

Dirinya juga menambahkan, sasaran pertama pelayanan publik dan kebijakan publik ini adalah riset terlebih dahulu dari hasil riset diwujudkan program pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat itu bisa berbentuk program program layanan yang berbasis IT. (alf/bee)