SHARE

primaradio.co.id – Ujian Nasional Perbaikan (UNP) akan mulai digelar Senin (22/2/2016). Di Jawa Timur, tercatat 12.833 pendaftar UNP dengan rincian, 8738 SMA, 4.064 SMK, dan 31 paket C. Peserta berasal dari 30 lembaga SMA dan 50 lembaga SMK. Namun, hingga kini jumlah pendaftar melalui online dengan yang sudah melakukan daftar ulang ke sekolah tempat ujian masih terpaut jauh.

Menurut Kabid Analisis dan Sistem Penelitian Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Dinas Pendidikan Jatim, Suprananto mengatakan saat ini yang sudah melakukan daftar ulang masih 2.726 peserta. Artinya, ada 10.107 peserta yang sudah mendaftar lewat online namun batal hadir saat ujian. Minimnya antusiasme ini terjadi hampir merata di Jatim. Seperti di Magetan, jumlah pendaftar UNP untuk SMA sebanyak 130 peserta dan SMK 90 peserta. Namun, yang melakukan daftar ulang hanya 12 peserta dan SMK 9 peserta. Sementara di Surabaya, pendaftar untuk SMA sebanyak 2.322 peserta dan SMK sebanyak 926 peserta. Dan yang sudah mendaftar ulang SMA hanya 478 peserta dan SMK 137 peserta.

Suprananto juga menambahkan, selain banyaknya peserta yang belum daftar ulang, Surat Keputusan (SK) penetapan lokasi ujian yang belum keluar, hingga mekanisme pembiayaan juga belum diketahui kejelasannya. Sehingga beban sementara pelaksanaan UNP harus ditanggung oleh sekolah pelaksana UNP. Mulai dari menalangi dulu honor pengawas, teknisi dan proktor hingga biaya persiapan yang meliputi meliputi listrik, genset, dan berbagai kebutuhan lainnya.(zum/nji)