SHARE

primaradio.co.id – Beredarnya kabar Valentino Rossi akan membentuk tim baru di ajang MotoGP ditanggapi serius oleh Manajer Tim Yamaha Tech 3, Herve Poncharal. Herve megaku cemas dengan kabar tersebut, mengingat posisi Tech 3 sebagai tim satelit bisa terancam. Bahkan Herve cenderung pasrah andai Rossi benar-benar memiliki tim di ajang balap kuda besi paling bergengsi di jagat itu.

Sebagai informasi, kabar tim yang dibentuk Valentino Rossi untuk tampil di kompetisi MotoGP memang bukan sekadar isapan jempol. Tim tersebut bahkan sudah memiliki nama Sky Racing Team VR46. Hal ini yang membuat Herve seperti kalah sebelum bertanding.

“Sudah banyak pembicaraan akhir-akhir ini tentang Valentino yang mungkin memiliki tim di MotoGP. Jika ini terjadi mungkin tidak ada tempat bagi Tech 3 bersama Yamaha, mengingat akan sulit bagi mereka untuk memiliki 6 motor,” ungkap Poncharal, mengutip dari GPOne, Jumat (15/12/2017).

Herve tidak bisa memungkiri bagaimana pengaruh Rossi bagi Yamaha. Tim Garputala hampir dipastikan tak akan menolak permintaan yang diberikan The Doctor.

“Saya tidak bodoh dan tahu bagaimana segala sesuatunya bekerja, sama seperti saya mengerti bahwa Rossi akan menjadi prioritas. Dia adalah magnet yang luar biasa bagi sponsor dan merupakan sosok yang sangat penting di sini,” tambahnya.

Kendati demikian, tim Sky Racing Team VR46 tentunya tidak akan bekerja dalam waktu dekat, mengingat sejumlah tim satelti memiliki kerja sama dengan tim pabrikan hingga akhir musim 2021. Termasuk kerja sama Tech 3 dengan Yamaha, dan sejumlah tim lainnya seperti LCR Honda, Pramac Ducati, Aspar dan Avintia.

“Saya hanya berpikir bahwa hubungan jangka panjang yang ada di antara Tech 3 dan Yamaha tidak mudah dibangun. Tapi saat ini saya tidak yakin apakah tim ini bisa bertahan dengan Yamaha,” lanjutnya.

Seperti diketahui, MotoGP musim 2018 menjadi musim yang mengesankan bagi tim Yamaha Tech 3. Pasalnya, dua pebalap andalan mereka, Johann Zarco dan Jonas Folger sanggup tampil impresif dan membawa Tim Tech 3 sebagai tim satelit terbaik di MotoGP 2017. Tech 3 sanggup bersaing dengan tim pabrikan, sehingga duduk di peringkat empat klasemen akhir MotoGP tahun lalu. (joe)