SHARE
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

primaradio.co.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memerintahkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi setempat menyediakan stok masker di kendaraan untuk dibagikan ke masyarakat yang tidak mengenakan masker.

“Saya minta selalu ada stok masker di mobil atau sepeda motor. Jika bertemu warga yang tidak bermasker, tolong bagi maskernya,” ujar Khofifah di hadapan ratusan ASN di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Senin seperti dilansir Antara.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut berpesan agar seluruh ASN bisa terus menjaga ketaatan protokol kesehatan, sehingga menjadi contoh bagi masyarakat, sekaligus bersama-sama berjuang mencegah penyebaran COVID-19.

Pada kesempatan sama, Gubernur Khofifah juga mengingatkan ASN tak melakukan cuti atau bepergian ke luar kota, bahkan luar negeri saat masa liburan Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Hal tersebut seperti tertuang pada Surat Edaran Nomor 800/7840/204.3/2021 tanggal 6 Desember 2021 tentang Larangan Bepergian dan Mengajukan Cuti Pada Hari Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 bagi Pegawai ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jatim pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Di dalam SE tersebut ditekankan ASN dilarang mengajukan cuti maupun perjalanan ke luar kota atau luar negeri, kecuali izin dalam kondisi darurat, seperti akan melahirkan dan melakukan perjalanan dinas.

Larangan tersebut, kata Khofifah, demi mencegah penyebaran COVID-19, khususnya varian Omicron yang telah masuk ke Indonesia.

“Kita masih harus sangat mewaspadai penyebarannya. Omicron ini telah menjadi kewaspadaan di semua negara,” ucap Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.

“Kepada seluruh jajaran Dinkes Jatim, rumah sakit, termasuk rumah sakit darurat lapangan hingga relawan, saya minta untuk tetap disiagakan,” ujar Khofifah.

Sementara itu, menghadapi tahun baru 2022, Gubernur Khofifah mengajak seluruh ASN bisa menatap dan membekali diri dengan penuh rasa optimistis.

“Tahun 2021 tagline-nya Jatim Bangkit. Maka saya berpesan menatap Tahun 2022 dengan penuh optimistis sehingga tahun depan ber-tagline Optimis Jatim Bangkit,” kata gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut. (ant/bee)