SHARE
Program Studi Ilmu Komunikasi UPN Jatim Resmi Terakreditasi Internasional

primaradio.co.id – Program Studi Ilmu komunikasi UPN Veteran Jawa Timur akhirnya resmi memperoleh akreditasi internasional dari FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation), sebuah Lembaga akreditasi internasional untuk penjaminan mutu dan pengembangan kualitas pendidikan tinggi yang berbasis di Jerman. Akreditasi itu diterima, setelah melalui proses visitasi asesmen yang dilakukan oleh 10 reviewer internasional.

Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internasional UPN Veteran Jawa Timur, Aulia Rachmawati menjelaskan bahwa proses akreditasi itu telah disiapkan untuk memenuhi 54 poin kriteria penilaian.“intinya dari 54 penilaian itu terdapat 5 kriteria besar yang terkait dengan institusi pendidikan, proses seleksi penerimaan mahasiswa masuk, kurikulum pendidikan, penjaminan mutu Pendidikan, dan support system pendidikan seperti sarana prasarana yang mampu mendukung proses pembelajaran” jelasnya.

Akreditasi internasional yang diterima program studi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur tidak hanya menjadi sebuah kebanggaan, tapi juga tuntutan pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. “Standard mutu Pendidikan di ilmu komunikasi sudah punya standard dan sudah diakui di tingkat internasional, sehingga kita harus terus review dan meningkatkan standard mutu tersebut jangan sampai turun” Ujar Yuli Candrasari, Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi.

Menurut Yuli, internasionalisasi program studi ilmu komunikasi akan menjadi tantangan besar untuk kedepannya, untuk itu beberapa program internasional akan disiapkan seperti penyelenggaraan kelas internasional, pertukaran pelajar, kolaborasi riset dosen, kolaborasi pengajaran dengan universitas-universitas yang ada di luar negeri. “kita akan kejar program-program kerjasama internasional termasuk kelas internasional di tahun depan” terangnya.

Akreditasi Internasional telah menjadi kebutuhan penting bagi program studi dan Lembaga Pendidikan saat ini. Hal itu dikarenakan tuntutan dan tantangan dunia Pendidikan saat ini yang mengacu pada globalisasi. “melalui Akreditasi Internasional kita bisa tunjukkan bahwa kualitas Pendidikan kita punya standard dan mutu yang bagus sesuai dengan standard internasional, sehingga bisa memberi peluang besar juga bagi mahasiswa kita di kancah internasional” pungkas yuli. (*)